Varietas Tanaman Sumsel Perlu Dipatenkan

Posted: 22/10/2010 in Uncategorized
Tags: , ,

InformasiPagi, Sumsel

Provinsi Sumsel dengan kekayaan sumberdaya alamnya, memiliki varietas tanaman unggul, dan tidak hanya kekayaan intelektual saja, varietas tanaman Sumsel juga perlu dipatenkan ke pusat Perlindungan Varietas Tanaman (PVT) Departemen Pertanian RI.
Menurut Kepala Pusat PVT Kementrian Pertaninan RI, Hindarwati, Sumsel memiliki varietas tanaman lokal yang banyak dan terkenal di Indonesia, mulai dari buah duku, cempedak, nanas, nangka, durian atau lainnya, bahkan Sumsel memiliki lima varietas unggul yang sudah terdaftar di pusat PVT, antara lain, durian bantal mas, durian bakul, nanas Palembang, nangka belulang, duku palembang serta duku rasuan.
“Semua varietas tanaman Sumsel ini perlu dipatenkan ke pusat PVT Departemen Pertanian RI, agar jenis tanaman potensial di Sumsel dapat dipantau perkembangannya dan bermanfaat secara ekonomi. Sumsel juga satu-satunya provinsi yang memiliki varietas unggul kelapa sawit yang telah mendapatkan hak PTV,” ungkapnya disela acara sosialisasi PVT di Aula Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumsel, kemarin, Jumat (8/10).
Tidak hanya itu, dengan banyaknya varietas tanaman unggulan Sumsel tersebut, ia mengajak kalangan akademisi dan masyarakat Sumsel, untuk mengikuti kompetisi penghasil kekayaan intelektual di Jakarta, yang pemberian anugerahnya pada 3 Desember 2010 mendatang.
Mengenai sosialisasi sendiri ia menjelaskan, sosialisasi PVT di Sumsel ini dilakukan sebagai implementasi dari sistem perlidungan varietas tanaman, dalam rangka pengembangan industri benih berbasis sumber daya genetik lokal. “Berdasarkan adalah UU No 29 Tahun 2000 tentang PVT, tanaman memang perlu di PVT-kan, karena PTV adalah hak perlindungan khusus diberikan negara terhadap varietas tanaman yang dihasilkan,” terang dia.
Dengan memegang hak PVT, maka Sumsel berhak menggunakan sendiri atau memberikan persetujuan kepada pihak lain mengunakan varietas-nya mencakup, hak memproduksi benih, hak menyiapkan untuk propagasi, mengiklankan, menawarkan, menjual, mengimpor serta mengekspornya. Pendaftaran varietas tanaman ini dilakukan Kepala daerah, atas nama masyarakat pemilik varietas lokal sesuai dengan letak geografisnya.
“Varietas tanaman lokal yang sudah dilepas maupun tidak, atau varietas hasil pemuliaan yang sudah dilepas atau tidak, meliputi, tanaman pangan, holtikultura, perkebunan, kehutanan dan hijau pakan ternak, itu bisa didaftarkan,” papar Hindarwati.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s