Sektor Karet, Potensi Kerjasama Sumsel-Timteng

Posted: 22/10/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,


– Pemprov Minta Kerjasama Pabrik Ban

InformasiPagi, Sumsel

Provinsi Sumsel sangat potensial melakukan kerjasama dengan Negara-negara di Timur Tengah, seperti di bidang pertambangan dan perkebunan.
Hal ini terungkap dalam acara Indonesia-Middle East Up Date yang mengambil tema peningkatan kerjasama di bidang perdangangan, investasi dan pariwisata yang diadakan di Hotel Aryaduta 11-12 Oktober. Acara yang diselenggarakan mulai kemarin, Senin (11/10), dibuka langsung Wakil Gubernur Sumsel, H Eddy Yusuf, dan dihadiri langsung para Dubes RI untuk negara-negara Timteng, mulai dari Libya, Tunisia, Yaman, Riyadh, Kuwait dan lainnya.
Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Sumsel, H Eddy Yusuf mengatakan, pertemuan Indonesia-Middle East Up Date kemarin, sebagai upaya meningkatkan hubungan ekonomi antara Sumsel dan Timteng, dengan kerjasama tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan Sumsel untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. “Sumsel kaya akan potensi alam, mulai dari batubara dan juga sektor pertanian dan perkebunan seperti karet, bahkan Sumsel merupakan penghasil karet terbesar di dunia,” kata Wagub.
Dengan pertemuan kemarin, Wagub berharap tidak disia-siakan para pengusaha di Sumsel, untuk melakukan komunikasi secara intens dengan para dubes sehingga terjalin hubungan ekonomi antara Sumsel dan Timteng. “Mari bangun kemitraan yang strategis dengan Timteng, untuk menggerakkan sektor perekonomian Sumsel,” ujarnya.
Ia menambahkan, para pengusaha Sumsel harus mampu melihat peluang yang dapat dikerjasamakan dengan Timteng, karena banyak produk Sumsel yang mungkin kalah saing dengan produk Cina di Timteng. ”Apa yang akan dijual ke Timteng, apakah mebel, pertambangan atau lainnya ?” katanya.
Sementara itu, Direktut Timteng Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Ronny P Yuliantoro menyampaikan, Sumsel memang memiliki potensi yang banyak untuk dikerjasamakan dengan Timteng salah satunya sektor pertambangan, diharapkan melalui Indonesia-Middle East, Pemprov Sumsel dapat membuka peluang kerjasama Sumsel dan Timteng.
Beberapa Dubes dan Konjen asal Timteng, baik dari Libya, Yaman, Tunisia, Riyadh, Libya dan lainnya, menyepakati beberapa potensi kerjasama yang pas antara Sumsel dan Timteng yaitu sektor perkebunan, pertanian dan pertambangan, mulai dari batubara, tekstil, spare part, kopi, teh, coklat, elektronik, sawit, kertas copy, plastik, kayu kusen, jasa konstruksi, ban. ”Untuk Libya saja, potensi yang dapat dikerjasamakan mulai dari sektor perkebunan, pekerjaan konstruksi, tekstil, spare part, kopi, teh,” kata Sanusi, Dubes RI untuk Libya.
Sedangkan, Kepala BPMD Sumsel, Ir Permana mengatakan, Pemprov Sumsel mengusulkan kepada para Dubes dan Konjen dari Timteng untuk bekerjasama bidang batubara untuk proses gasifikasi, sektor karet untuk pembuatan pabrik ban, pengalengan nenas, juga komoditi kopi, minyak sawit, bio diesel, karena bahan bakunya di Sumsel tersedia banyak. “Yang terpenting dalam pertemuan ini adalah tindak lanjutnya,” kata Permana.
Kepala Dinas Pariwisata Sumsel, Jhonson SE menambahkan, pada one on one meeting setelah dilakukannya pertemuan kemarin, para pengusaha Sumsel dimintanya berbicara serius apa yang cocok dikerjasamakan dan dikembangkan dengan Timteng.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s