RS Erba Standar Internasional Mulai Dibangun

Posted: 22/10/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Pembangunan Rumah Sakit Ernaldi Bahar (RS Erba) berstandar internasional mulai dibangun, pembangunan direncanakan rampung pada tiga tahun ke depan.
Demikian terungkap dalam acara pemancangan pertama RS Erba di Jalan Soekarno Hatta kemarin, Rabu (13/10). Mulai dibangunnya RS Erba berstandar internasional tersebut ditandai dengan penekanan bel oleh Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, Direktur RS Erba, Latifah, Kepala Dinkes Provinsi Sumsel, Zulkarnain Noerdin dan Direktur PT Pembangunan Perumahan.
Kadinkes Provinsi Sumsel, Zulkarnain Noerdin, mengatakan, di kompleks RS Erba lama di Km6 akan dibangun RS Pendidikan Internasional Kelas B untuk menjadi RS rujukan menggantikan RSMH di Jalan Jenderal Sudirman yang sudah naik Kelas A. Komplek RS Erba lama akan dibuat menjadi RS khusus dan umum yang sebelumnya hanya khusus RS jiwa.
Zoel menjelaskan, luas tanah RS Erba yang baru adalah 10 hektar yang telah dibebaskan tahun lalu, sementara lokasi Erba lama seluas 14,4 ha, beberapa pembangunan baru di komplek RS Erba lama sudah dimulai tahun ini seperti RS khusus mata yang dimulai sejak Agustus lalu, RS Mata menyusul RS gigi, mulut. “Sebenarnya proses pembangunan RS Erba baru sudah dimulai sebulan lalu setelah SPK dikeluarkan oleh Gubernur yaitu penimbunan dan lainnya, tapi pemancangannya baru dilakukan hari ini. Pembangunan RS Erba ini akan berlanjut tiga tahun ke depan, tahun ini ditargetkan pembangunan 30 persen, tahun depan 60 persen dan seterusnya,” jelasnya.
Menurut Zoel, RS Erba lama memiliki 215 tempat tidur sementara RS Erba baru akan memiliki 250 tempat tidur, RS Erba lama memiliki pelayanan umum, gawat darurat jiwa anak hingga lansia, pelayanan ketergantungan napza, HIV/Aids, dan di RS Erba baru akan ditambah lagi pelayanan jiwa komunitas yaitu melayani konsultasi psikologi terapan dimasyarakat cek psikologi dan lainnya. “RS Erba yang baru ini konsepnya akan dibuat berstandar internasional, karena bangunannya akan berkualitas berbeda dengan RS jiwa lainnya, dan mudah-mudahan akan menjadi rujukan untuk RS di Sumbagsel,” katanya.
Tenaga kesehatan yang akan dipekerjakan di RS Erba yang baru akan diambil dari RS Erba lama namun harus melalui tes ulang, apakah sesuai bertugas di RS Erba berstandar internasional, bahkan untuk tenaga kesehatan ini, akan diusulkan ke pemda untuk mengajukan penambahan tenaga khusus jiwa untuk diangkat jadi CPNS tahun depan.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, menambahkan, pembangunan RS Erba yang baru membuktikan komitmen penuh Pemprov Sumsel dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat termasu pendidikan dan kesehatan. “Proyek ini didanai APBD Provinsi Sumsel selama tiga tahun sebesar Rp195 M, mudah-mudahan, di lokasi ini akan berdiri RS Jiwa Erba berstandar internasional dengan penanganan khusus penyakit jiwa secara profesional. Saya yakin ini menjadi rujukan bagi pasien penyakit jiwa di Sumatera, biar orang datang ke sini untuk dirawat,” kata Gubernur Alex.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s