Kurangi Beban Lalulintas Atas Jembatan Ampera

Posted: 22/10/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

– Pemerintah Perlu Pinjam Dokumen Asli Jembatan Ampera
InformasiPagi, Sumsel

Untuk mengetahui masa daya tahan Jembatan Ampera, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) perlu meminjam dokumen asli Jembatan Ampera dengan Pemerintah Negara Jepang.
Menurut Pembantu Rektor III Unsri, yang juga ahli jembatan, beton dan baja Unsri, Dr Anis Saggaf, untuk mengetahui kondisi Jembatan Ampera pascakebakaran harus dilakukan penelitian secara menyeluruh karena Jembatan Ampera kondisinya sudah tua.
Dengan besi jembatan banyak terbakar dan rusak, pihaknya mengkhawatirkan kekuatan daya tahan Jembatan Ampera berkurang jika beton penahan jembatan terbakar. “Kita mengkhawatirkan daya tahan Jembatan Ampera setelah terbakar akan berkurang,” ujarnya.
Menurut dia, pembangunan jembatan umumnya dirancang sesuai dengan daya tahan dan kelamaannya, apakah untuk 10 tahun, 50 atau 200 tahun, dan untuk mengetahui itu perlu diketahui rencana awal pembangunan melalui dokomen aslinya. “Kita harap pemerintah meminta dokumen pembangunan Jembatan Ampera dari Jepang untuk mengetahui kontruksi yang aslinya,” kata Anis.
Terhadap kondisi Jembatan Ampera yang sekarang, pihaknya kata Anis siap membantu penelitian kondisi Jembatan Ampera, dan ia berpesan sebelum diketahui hasil penelitian, arus lalulintas di atas jembatan agar dikurangi, dan kendaraan yang lewat juga perlu mengurangi beban serta aktivitas goncangan seperti stop secara mendadak dan lainnya. “Perawatan Jembatan Ampera ini harus diprioritaskan, karena Palembang akan menjadi tuan rumah SEA Games pada 2011,” harapnya.
Sementara itu, masih di Kantor Gubernur, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan, hasil uji teknis kondisi Jembatan Ampera dari para ahli seperti BPPT, Bina Marga baru akan didapatkan sekitar dua minggu lagi, sehingga ia belum dapat berkomentar banyak.
Saat disinggung tentang bagian dalam badan Jembatan Ampera yang dijadikan tempat gudang pakaian BJ, Gubernur meminta, ke depan jangan sampai terjadi lagi. Saat dikejar dengan pertanyaan pengaruh kondisi Jembatan Ampera terhadap kegiatan South East Asian (SEA) Games XXVI di Sumsel pada November 2011 mendatang, Gubernur juga tidak berkomentar banyak. “Kegiatan SEA Games akan berjalan terus, hasil kondisi Jembatan Ampera kita tunggu lagi dua minggu ke depan,” katanya.
Terakhir ia berpesan, agar semua pihak yang tidak berkompeten tidak sembarangan berbicara mengenai kondisi Jembatan Ampera. ”Saya berpesan, bagi yang bukan bidang dan ahlinya tidak usah terlalu banyak berkomentar, sehingga membingungkan rakyat,” pinta Gubernur.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s