Investor India Bangun PLTU di Muba

Posted: 22/10/2010 in Uncategorized
Tags: , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sudah menjadi magnet investasi bagi para investor dari dalam dan luar negeri, setelah beberapa investor telah menanamkan investasinya di Sumsel, giliran Maducon investor dari India berminat menanam investasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Sungai Lilin Muba.
Hal ini diungkapkan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, disela acara pemancangan pertama Rumah Sakit Ernaldi Bahar di Jalan Soekarno Hatta Palembang, kemarin Rabu (13/10). “Tadi kita mengadakan rapat dengan investor dari India yang akan membangun PLTU di daerah sekitar Sungai Lilin, investasinya cukup besar yaitu 2×150 MW,” kata Gubernur.
Menurut Alex, Pemprov Sumsel akan memberikan kesempatan Investor India Maducon tersebut berinvestasi di Sumsel, namun dengan catatan bersedia membantu Sumsel untuk kegiatan South East Asian (SEA) Games XXVI di Sumsel pada November 2011 mendatang. “Kita akan berikan rekomendasi (investasi-red) asalkan mereka mau membantu untuk SEA Games nanti,” kata Alex.
Setali tiga uang, Maducon menyambut permintaan Gubernur dan akan membangun PLTU 2×150 MW di Muba sekaligus membantu Sumsel untuk SEA Games nanti. “Mereka sudah menyatakan kesediaannya membantu Sumsel untuk kegiatan SEA Games di Sumsel tahun 2011 mendatang,” ungkapnya.
Sementara itu, Asisten II Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Provinsi Sumsel, Ir H Eddy Hermanto, menambahkan, Maducon memang sudah menyatakan kesediaan membantu SEA Games,
“Mereka akan menyumbang pembiayaan pembangunan sarana untuk SEA Games XXVI di Sumsel, kita akan carikan apa yang dapat mereka bantu seperti apa,” kata Eddy.
Disinggung apakah Maducon akan menyumbang venues ?, menurut Eddy jenis sumbangannya belum ditentukan. “Kita akan lihat nanti, apakah membantu venues atau membantu kebutuhan venues atau lainnya,” tutupnya singkat.
Seperti diketahui sebelumnya, beberapa investor dalam dan luar negeri telah menanamkan investasinya di Sumsel, antara lain seperti PT Adani yang berani memelopori pembangunan rel ganda kereta api menuju Tanjung Api-api (TAA), juga PT Cargill yang akan membantu Pemprov Sumsel membangunkan water treatment plant (pengolahan air bersih) di Jakabaring, untuk fasilitas kegiatan SEA Games XXVI, dan beberapa investor lainnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s