Gubernur Minta Listrik Kegiatan SEA Games Tidak Bermasalah

Posted: 22/10/2010 in Uncategorized
Tags: , , , ,

– Alex Minta PLN Pasok Listrik 30 MW Untuk Jakabaring

InformasiPagi, Sumsel

Agar kegiatan internasional South East Asian (SEA) Games XXVI di Sumsel pada November 2011 mendatang tidak menemui kendala, salah satunya pemadaman listrik. Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin, meminta pihak PT Perusahaan Listrik Nasional (PLN), menyiapkan pasokan listrik 30 MW di Jakabaring untuk kegiatan SEA Games.
Demikian terungkap dalam rapat membahas persiapan kelistrikan SEA Games di Griya Agung, kemarin, Kamis (14/10). Rapat dipimpin langsung Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, dan dihadiri General Manager PT PLN WS2JB, Nandi Ranadireksa, Presiden Direktur PT Bosoa Dharma Energi, Reno Jumizwa, serta unsur muspida Pemprov Sumsel.
Pada kesempatannya berbicara, Gubernur meminta PLN menjamin kebutuhan pasokan listrik di kawasan Jakabaring Sport City, yang sebesar sekitar 30 MW. ”Pada SEA Games nanti, listrik dan air jangan sampai menjadi masalah, sehingga mengganggu aktifitas kegiatan internasional itu nantinya, jangan sampai ada pemadaman listrik saat SEA Games sedang berlangsung,” pinta Alex.
Menanggapi hal itu, General Manager PT PLN Nandi Ranadireksa, mengatakan, pihaknya memperkirakan kebutuhan listrik di daerah Jakabaring mencapai 25,5 MW, angka tersebut sudah termasuk saat beban puncak, sementara beban listrik di lokasi Jalan POM XI diperkirakan 5 MW, sehingga total yang dipakai mencapai 30 MW.
Menurutnya, PT PLN siap menyuplai kebutuhan listrik yang diminta Gubernur Sumsel sebesar 30 MW, namun pihaknya meminta bantuan dana dari pemerintah untuk mendukung kelistrikan SEA Games 2011 tersebut. ”Kita akan sediakan pasokan listrik, kita upayakan semaksimal mungkin, untuk menyukseskan kerja nasional tersebut,” katanya .
Selain PT PLN, PT Bosoa Dharma Energi juga siap menyukseskan SEA Games dari sektor kelistrikan, yaitu sebagai cadangan untuk mengantisipasi jika terjadi pemadaman. Menurut Presiden Direktur PT Bosoa Dharma Energi, Reno Jumizwa, pihaknya siap membangun pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). ”Kita sudah siapkan segala sesuatunya, persiapan lahan sudah sampai 75 persen, ditargetkan padaAgustus 2011 nanti sudah dapat dioperasikan yang mampu memasok listrik sebear 20 MW. Kalau tidak ada halangan pada 28 Oktober 2010 nanti akan dilakukan peletakan batu pertama, dan diresmikan Gubernur Sumsel,” jelasnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s