Cuaca Ekstrim, Penyakit ISPA Meningkat

Posted: 22/10/2010 in Uncategorized
Tags: , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Perubahan iklim yang ekstrim mempengaruhi kesehatan masyarakat di Sumsel, pasalnya sejak terjadinya perubahan cuaca akhir-akhir ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumsel, mencatat jumlah penderita kasus penyakit infeksi saluran pernapasan (ISPA) dan diare mengalami peningkatan.
Hal ini diungkapkan Kepala Dinkes Provinsi Sumsel, Zulkarnain Noerdin, ia mengatakan, perubahan cuaca yang ekstrim dan turunnya hujan bercurah tinggi akhir-akhir ini, meningkatkan jumlah penderita penyakit ISPA dan diare di Sumsel, Karena dengan cuaca ekstrim tersebut temperatur menjadi tinggi, baik di siang atau malam hari, jika siang temperaturnya terlalu panas jika malam hari temperatur terlalu dingin.
”Memang pada musim penghujan penyakit ISPA agak sedikit meningkat tapi belum kategori KLB (kejadian luar biasa), begitu juga dengan kasus diare ada peningkatan tapi juga belum cendrung kategori KLB,” ungkap Zoel diwawancara di Asrama Haji usai menghadiri pelepasan jemaah calon haji kloter 1, Selasa (12/10).
Untuk itulah pihaknya mengimbau masyarakat agar menjaga kesehatan pada perubahan iklim yang terjadi sekarang, tidak hanya itu, semua institusi pelayanan kesehatan juga harus waspada. ”Kewaspadaan itu tidak berarti pada musim kemarau atau musim hujan saja, tapi harus waspada sepanjang tahun,” katanya.
Zoel juga mengintruksikan pelayanan kesehatan di Sumsel, untuk memantau perkembangan kasus penyakit yang ada dan menyiapkan tenaga kesehatan, serta mempersiapkan peralatan, obat-obatan dan juga melakukan koordinasi dengan instansi terkait.
Terpisah, Kasi Observasi dan Informasi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) SMB II Palembang Agus Santosa, menjelaskan, cuaca ekstrim yang terjadi di Sumsel akibat peralihan musim dan timbulnya Lalina, yang membuat pemanasan temperatur laut. Ia memperkirakan, memperkirakan cuaca ekstrim di Sumsel akan berlangsung hingga awal 2011 mendatang, untuk itu masyarakat agar menjaga kesehatannya.
Ia juga menjelaskan, beberapa daerah di Sumsel akan turun hujan bercurah tinggi mulai 301-400 milimeter, dan akan terus meningkat hingga akhir tahun. ”Pada Desember nanti, curah hujan akan di atas normal,” prediksinya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s