Pengerjaan Pelebaran Jalan Butuh Rp179 Miliar

Posted: 19/10/2010 in Uncategorized
Tags: , ,

InformasiPagi, Sumsel

Untuk menunjang kelancaran lalulintas dan mengurangi kemacetan, khususnya pada kegiatan South East Asian (SEA) Games XXVI di Sumsel pada November 2011 mendatang, Pemprov Sumsel melakukan pelebaran Jalan Kolonel H Barlian mulai dari simpang empat Mapolda hingga simpang empat Jalan Tanjung-Api-api. Pengerjaan pelebaran jalan sepanjang 4,30 kilometer (km) tersebut membutuhkan dana Rp179,32 Miliar.
“Untuk pelebaran jalan ini banyak utilitas yang harus dipindahkan, seperti kabel optic, gardu, switching mode dan lainnya, milik pihak Telkom, XL, Indosat dan lainnya. Pemindahan itu harus mulai dari sekarang dan Bulan November pelebaran jalan ini ditenderkan, sehingga 1 Januari 2011 pengerjaan pelebaran efektif berjalan,” kata Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin usai melakukan rapat terkait pelebaran Jalan Kolonel H Barlian, di Ruang Rapat Bina Praja Sumsel, Rabu (6/10).
Alex juga meminta, agar pelebaran jalan ini didukung penuh masyarakat khususnya pihak yang terkena pelebaran jalan, karena menurut Gubernur, pelebaran jalan ini untuk menunjang SEA Games sehingga bukan hanya program Pemprov Sumsel melainkan juga program Pemerintah Indonesia dan nasional. “Seyogyanya ini didukung masyarakat,” pintanya.
Sementara itu, dalam pemaparannya, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional III Palembang, Asep menjelaskan, pelebaran Jalan Kolonel H Barlian sepanjang 4,30 kilometer, yang masing-masing pelebaran di sisi kanan dan kiri sekitar 2,3 meter-3,5 meter.
Menurutnya, utilitas yang terkena pelebaran jalan seperti 15 gardu PLN di sisi kiri dan kanan, 87 sisi kiri dan 93 sisi kanan tiang listrik PLN yang harus dipindah, lalu 9 titik valve PDAM, 14 halte Trans Musi, sedangkan utilitas Telkom yang dipindahkan sebanyak 99 titik di sisi kiri dan 59 titik di sisi kanan jalan, juga utilitas pipa gas di kiri dan kanan jalan. “Dana pelebaran jalan ini mengunakan dana APBN 2010, dengan total biaya mencapai Rp179.32 Miliar, mencakupi kontsruksi perkerasan flexible Rp77,8 miliar dan dana perkerasan rigid Rp 101,52 Miliar,” jelasnya.
Sedangkan, General Manager PT PLN (Persero) WS2JB, Nandi Ranadireksa mengatakan, pengerjaan pelebaran jalan nanti akan melewati utilitas PLN untuk melayani sekitar 840 pelayanan, namun ia memastikan tidak akan ada pemadaman listrik selama proses pengerjaan pemindahan utilitas. “Beberapa instalasi dan utilitas PLN memang harus dipindahkan akibat pelebaran itu, dan di bulan ini kita akan adakan pelelangan untuk pengerjaannya, yang mungkin akan membutuhkan dana mencapai Rp2 M lebih,” terang dia.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s