Pemprov Bentuk Satgas Penanggulangan Masalah Elpiji

Posted: 19/10/2010 in Uncategorized
Tags: , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) melakukan pembentukan tim satuan tugas (satgas) penanggulangan masalah program konversi minyak tanah (mitan) ke elpiji 3 kg, satgas salah satunya bertugas menyosialisasikan tentang elpiji 3 kg, seiring jumlah pengguna elpiji 3 kg di Sumsel yang sudah mencapai 1,6 juta.
Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Sumsel, Robert Heri menjelaskan, pembentukan tim satgas untuk meminimalisir terjadinya permasalahan yang berhubungan dengan konversi mitan ke elpiji 3 kg, pembentukan satgas ini merupakan tindak lanjut dari surat Mendagri tentang pelaksanaan kebijakan konversi mitan ke elpiji 3kg.
“Tim satgas ini bertugas menyosialisasikan penggunaan elpiji, mengantisipasi kejadian ledakan elpiji, melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk melaksanakan pengamanan dalam pelaksanaan program konversi mitan ke elpiji di lapangan, termasuk memantau banyaknya produk elpiji tak berstandar nasional Indonesia (SNI),” kata Robert pada rapat pembentukan tim satgas konversi mitan ke elpiji 3kg, di Ruang Rapat Bina Praja Sumsel, Kamis (7/10).
Robert menambahkan, setelah melakukan rapat, pihaknya akan menyusun kepengurusan seperti menunjuk koordinator, namun ia tidak dapat menyebutkan berapa jumlah orang yang akan terlibat dalam tim satgas ini. “Kita harap satgas ini dapat berjalan efektif mulai tahun depan (2011-red), sehingga diharapkan dapat meminimalisir kejadian ledakan elpiji yang mungkin terjadi di Sumsel,” katanya lagi.
Ia menjelaskan, merujuk pada surat dari Mendagri, satgas dibentuk mulai dari tingkat provinsi dan kabupaten/kota, yang terdiri dari berbagai unsur mulai dari Bappeda, BPMD, Dinas Pertambangan dan Energi, Dinas Perindustiran, Dinas Perdagangan, Dinas Kesehatan, Inspektorat Daerah, Kepolisan Daerah, PT Pertamina, rumah sakit, dan Palang Merah Indonesia (PMI). “Tim ini nanti diminta secara periodik melaporkan perkembangan dan hasil pemantauan program konversi mitan ke elpiji ini kepada Mendagri,” jelasnya.
Pembentukan tim satgas di Sumsel ini, juga menimbang karena pengguna elpiji khususnya elpiji 3kg di Sumsel sudah mencapai 1,6 juta pengguna, sehingga jika tidak dilakukan sosialisasi secara gencar, mengenai cara penggunaan dan langkah antisipasinya, maka hal yang tidak diinginkan seperti ledakan gas bisa saja terjadi.
“Angka 1,6 juta ini cukup tinggi, artinya program konversi mitan ke elpiji sudah memasyarakat, dan kesadaran masyarakat menggunakan elpiji sudah tinggi, untuk itu perlu dibekali pemahaman pemakaian elpiji dengan menggunakan tabung secara benar sehingga tidak terjadi kejadian ledakan,” paparnya.
Sementara itu, masih di rapat, Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Provinsi Sumsel, H Eddy Hermanto mengatakan, pengguna elpiji di Sumsel sudah banyak hampir separuh jumlah penduduk Sumsel. “Artinya sosialisasi dan program konversi mitan ke elpiji sudah efektif dan berjalan, dan dalam pelaksanaannya nanti, satgas harus benar-benar memonitor jalannya program konversi ini, dan Pemprov Sumsel melalui Biro Hukum akan menangani pembentukan tim ini,” katanya.
Sedangkan, dari pihak PT Pertamina, Indra Junaidi menyampaikan, sosialisasi kepada masyarakat memang perlu dilakukan, agar masyarakat awam yang belum mengerti penggunaan aman elpiji 3kg dapat lebih faham dan sudah terbuka fikiran dalam tata cara pengunaan elpiji 3kg.
Pihaknya telah dulu melakukan sosialisasi tentang penggunaan aman elpiji 3kg kepada masyarakat. “Untuk di Palembang, kita telah sosialisasikan ke 16 kecamatan di Palembang sejak Juli lalu, kini kita sedang memperluas sosialisasi ke kabupaten/kota di Sumsel, seperti di Muara Enim, kita sekarang masih mencari tempat survey untuk melakukan sosialisasinya.,” katanya pada rapat.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s