Investasi Pelabuhan Batubara PT Pelindo Senilai Rp1 T

Posted: 19/10/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

– PT Pelindo Investasikan Pelabuhan Batubara

InformasiPagi, Sumsel

Potensi batubara Sumsel akan tereksploitasi secara maksimal, baik melalui darat ataupun laut, karena setelah akan dibangunnya rel kereta api double track menuju kawasan Tanjung Api-api (TAA). PT Pelindo II Palembang, akan mengembangkan pelabuhan khusus batubara dengan sistem loading point di Sekayu dan Muara Abab dengan investasi mencapai Rp1 Triliun.
Hal ini terungkap dalam pemaparan rencana pengembangan pelabuhan, dalam rangka mengoptimalkan Sungai Musi sebagai jalur transportasi, di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Kamis (7/10). General Manager PT Pelindo II Cabang Palembang, Deni Rusli Utama menyampaikan, potensi batu bara di Sumsel sangat besar, cadangan batubara Sumsel mencapai 22 miliar ton dengan produksi yang mencapai 12 juta ton per tahun, dengan potensi ini produksi dapat dioptimalkan mencapai 50 juta ton per tahun.
Menurut Deni, pihaknya bekerjasama PT BA akan membangun pelabuhan batubara dengan sistem loading point tempat cadangan batubara, sekitar 30-40 km dari Tanjung Enim Kabupaten Muara Enim tepatnya Sekayu dan Muara Abab.
Adapun fasilitas yang akan dibangun tersebut seperti barge loading fasicity dengan investasi USD14 juta, tug purchasing dengan investasi USD28 juta, barge purchasing USD20 juta, transipment facility dengan investasi USD20 juta dan overland transfortation USD774 juta, dengan total investasi yang ditanamkan mencapai sekitar Rp1 triliun.
Menurutnya, sistem pengangkutan batubara tersebut, menggunakan tiga kali sistem pengangkutan yang dinilai lebih hemat, yaitu dari mulut tambang, batu bara akan diangkut menggunakan truk dan KA ke loading point, setelah itu diangkut menggunakan kapal tongkang ke kapal induk untuk proses ekspor.
Deni mengatakan, transportasi pengangkutan batubara melalui sungai biayanya cukup rendah dibanding menggunakan angkutan kereta api, truk atau lainnya lewat darat, yang terkadang lamban karena lalulintas dan kapasitas terbatas. Untuk itulah, pengembangan pelabuhan dalam rangka mengoptimalkan Sungai Musi sebagai jalur transportasi khususnya mengangkut batubara sangat diperlukan.
“Jika menggunakan truk, sekali mengangkut batubara mencapai 20 ton, sementara jika menggunakan tongkang bisa mencapai 600 ton, artinya satu tongkang sama dengan menggunakan 300 unit truk, dengan pengembangan pelabuhan ini transportasi batubara akan lebih efisien dan maksimal karena dapat langsung diekspor melalui jalur sungai, dengan jarak antara loading point dengan tempat penambangan maksimal 30 km yang berdekatan dengan jalur sungai,” kata dia.
Menurut Deni, pihaknya juga akan membangun pelabuhan di kawasan TAA untuk transportasi baik itu umum, angkutan barang dan batu bara. Pihaknya sudah melakukan MoU dengan Pemprov Sumsel untuk memanfaatkan Sungai Musi guna mengakomodir distribusi batu bara. “Konsultan kita sedang proses FS (Feasebility Study) untuk loading point ini, setelah itu pembangunan dapat dilakukan, dan ditargetkan pada 2013 nanti sudah dapat dioperasikan,” ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Administrasi Pelabuhan (Adpel) Palembang Sugiono menyambut baik program pengembangan pelabuhan, namun tingginya sedimentasi di Sungai Musi dapat menghambat pemanfaatan Sungai Musi ini sebagai jalur transportasi, karena Sungai Musi banyak muara pertemuan sungai dan laut dan banyak kondisi airnya tenang yang membuat pengendapan atau sendimentasi cepat terjadi.
“Untuk transportasi pengangkutan batubara, membutuhkan kedalaman air mencapai 16 meter di Tanjung Carat Banyuasin, sementara dua tahun terakhir belum ada lagi pengerukan sungai musi sehingga sendimentasi menjadi tinggi, sekarang kapal keruk sudah tidak lagi beroperasi,” jelasnya.agustian pratama

Advertisements
Comments
  1. investasi says:

    semoga membantu ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s