Venue Lapangan Tenis Mulai Dibangun

Posted: 18/10/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

– Gubernur Launching Pemancangan Pertama Venue Lapangan Tenis

InformasiPagi, Sumsel

Setelah melakukan pemancangan pertama venue atletik dan venue kolam renang yang kini proses pembangunannya sedang berjalan, kemarin Rabu (6/10). Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin melakukan launching pemancangan pertama venue lapangan tenis ‘Bukit Asam’ di Jakabaring Sport City.
Pemancangan pertama pembangunan venue lapangan tenis, dilakukan langsung Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, didampingi Ketua Komisi IV DPRD Sumsel, Iskandar Samuel, Anggota DPD RI, Ketua Umum KONI, Dirut PTBA, dengan melakukan penekanan bel.
Acara pemancangan pertama pembangunan lapangan tenis kemarin, juga dihadiri Sekda Provinsi Sumsel, Yusri Effendi Ibrahim SH MM, para Asisten Gubernur, para kepala dinas, badan, biro lingkungan Provinsi Sumsel, unsur muspida Pemprov Sumsel, anggota DPRD Sumsel, Kapoltabes Palembang, Direksi PT Bukit Asam, Dirut Bank Sumsel, Asfan Fikri Sanaf, pihak pengembang dan lainnya.
Dalam sambutannya, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan, setelah dilakukan pemancangan pertama lapangan tenis kemarin, maka tanda pembangunan dimulai dan diharapkan 6-7 bulan ke depan sebelum SEA Games atau pada Juli mendatang sudah rampung, pasalnya, lapangan tenis akan diujicoba dengan kejuaraan nasional sebelum dipakai untuk SEA Games.
Menurut Alex, setelah SEA Games nanti, venue lapangan tenis dan fasilitas olahraga lainnya di kawasan Jakabaring Sport City akan dimanfaatkan untuk pembinaan olahraga nasional dan internasional, karena semua venue sudah berstandar internasional. “Lapangan tenis ini akan menjadi tempat latihan atlit-atlit Sumsel bahkan juga dapat digunakan atlit-atlit internasional,” katanya.
Gubernur menjelaskan, memang saat ini di kawasan Jakabaring termasuk di lapangan tenis masih banyak rawa, tapi pihaknya optimis sebelum SEA Games semua venue rampung, meski masih banyak masyarakat yang belum memercayainya. Namun, ia mengingatkan, tidak mudah meyakinkan pemerintah pusat untuk menunjuk Sumsel sebagai tuan rumah SEA Games XXVI pada November 2011 mendatang, sehingga semua pihak diminta mendukung kesuksesan SEA Games di Sumsel dan agar tidak disia-siakan.
Pada kesempatan kemarin, Gubernur sangat mengapresiasi PT Bukit Asam yang mau membantu Pemprov Sumsel menyukseskan SEA Games dengan membuatkan lapangan tenis. “PTBA ini BUMN yang baik, karena mengeluarkan dana CSR yang paling besar, dan kita minta tetap mau membantu Pemprov Sumsel ke depan untuk berinvestasi atau lainnya,” harap Gubernur.
Sementara itu, Dirut PT Bukit Asam Persero tbk, Ir Sukrisno, menegaskan, pihak pengembang atau kontraktor pembangunan venue lapangan tenis ‘bukit asam’ harus serius dan fokus menyelesaikan pembangunan venue lapangan tenis, jika perlu, diupayakan penambahan karyawan atau penambahan jumlah jam kerja agar target sebelum SEA Games pengerjaan rampung.
“Kualitas pekerjaan juga saya monon jangan sampai dikesampingkan, karena ini event internasional, kalau lapangan ini sampai ditolak event internasional maka kita akan malu, jadi jangan main-main dengan pembangunan ini, kontraktor harus konsen dengan waktu, kalau bisa April harus selesai,” pintanya.
Untuk itu kata Sukrisno, pihaknya telah menunjuk konsultan pengawas untuk mengawasi waktu dan kualitas pembangunan, kepada para pengawas Sukrisno juga berharap, agar konsultan pengawas benar-benar melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan waktu dan kualitas. “Kalau pembangunan ini selesai, kita akan serahkan ke Pemprov Sumsel termasuk pengelolaannya, guna membina para atlit dan mencetak bibit atlit di Sumsel,” ujarnya.
Sedangkan Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, yang juga Senior Manager Logistic PTBA dan Ketua Porsiba PTBA, M Jamil menjelaskan, PTBA berkomitmen merealisasikan program CSR dengan pengembangan sarana olahraga di Sumsel salah satunya venue lapangan tenis penunjang SEA Games.
Lapangan tenis tersebut seluas 2,7 hektar, dibangun dengan fasilitas lahan jenis hard court 8 lapangan yang terdiri dari lapangan A Center Court dengan tribun penonton mencapai 2.000 tempat duduk, ruang penunjang, ruang vip, ruang teknikal, ruang ganti sekretariat, doping, musolah dan lainnya. Untuk lapangan B memiliki fasilitas tribun 900 penonton, untuk lapangan C memiliki tribun dengan daya tampung 1.350 tempat duduk, tuang penunjang, ruang wasit dan toilet, pers center seluas 350 m2 dan lainnya.
“Struktur bangunan lapangan tenis ini beton bertulang dan konstruksi baja, dengan tiang pancang 15 meter, dilengkapi penerangan dengan kapasitas cahaya yang cukup untuk kegiatan latihan dan pertandingan malam hari. Masa konstruksinya sekitar 6 bulan yang direncanakan selesai 5 april 2011 mendatang, semoga lapangan tenis ini dapat menyukseskan penyelenggaran SEA Games di Sumsel 2011 mendatang, dan setelah SEA Games dapat dimanfaatkan untuk pembinaan olahraga di Sumsel,” jabarnya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s