Sumsel-Timteng Jajaki Kerjasama

Posted: 18/10/2010 in Uncategorized
Tags: , ,

InformasiPagi, Sumsel

Karena kondisi di Sumsel sangat kondusif untuk menanamkan investasi, membuat tidak sedikit para pengusaha dan investor dari luar negeri berminat menanamkan investasi dan menawarkan kerjasama dengan Sumsel. Pada 11-12 Oktober mendatang, 12 pengusaha dari Timur Tengah (Timteng) beserta 5 dubes RI-nya, akan dipertemukan dengan pengusaha Sumsel membicarakan peluang kerjasama.
“Kondisi investasi di Sumsel jika dibandingkan dengan daerah lain masih sangat kondusif, sehingga peluang kita mendatangkan investor sangat besar,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumsel, M Jhonson SE diwawancara usai melakukan rapat persiapan kunjungan pengusaha Timteng, di Ruang Rapat Bina Praja Sumsel, Jumat (1/10).
Rencananya, kedatangan para pengusaha berbagai bidang usaha dari Timteng seperti dari Saudi Arabia, Yordania, Uni Emirat Arab, Qatar, Aljazair, Mesir dan lainnya beserta Dubes RI tersebut pada tanggal 11-12 Oktober mendatang. Selain difasilitasi Dubes, pertemuan tersebut juga didukung dan difasilitasi tiga Direktorat Jendral Kementerian Luar Negari RI yakni Direktorat Jendral Amerika Eropa, Direktorat Jendral Asia Afrika dan Direktorat Jendral Informasi dan Diplomasi Publik.
“Sampai hari ini (kemarin-red) yang konfirmasi datang ada 12 pengusaha, di tambah lima dubes RI di sana akan dampingi mereka. Jika sudah didampingi oleh Dubes artinya mereka sudah memperhitungkan segala sesuatunya, dan Dubes RI itu tentu akan mendukung untuk memajukan ekonomi dan perdagangan Indonesia,” katanya.
Para pengusaha Timteng tersebut, nantinya akan dipertemukan dengan para pengusaha Sumsel melalui kegiatan One On One Meeting (pertemuan individual antara pengusaha). Dari pertemuan tersebut akan diketahui potensi apa yang dapat dikerjasamakan kedua belah pihak, namun dari perkembangan bisnis investasi di era sekarang, ia melihat potensi kerjasama yang cocok dikerjasamakan adalah investasi, perdagangan dan pariwisata.
“Perdagangan di era sekarang, tidak berarti perdagangan komoditi saja, tapi juga perdagangan jasa perjalanan atau lainnya, mudah-mudahan dengan adanya fasilitasi investor oleh Dubes ini, kita akan mampu terus meningkatkan hubungan kerjasama dengan pihak luar negeri, sehingga apa yang diinginkan Gubernur Sumsel kita H Alex Noerdin, untuk menjadikan Sumsel go internasional akan terwujud,” kata Jhonson.
Ia berpesan, agar para pengusaha asal Sumsel untuk bersiap melakukan paparan saat pertemuan dengan investor Timteng nanti, dan bersiap menghadapi hambatan-hambatan yang akan ditemukan. Karena, iklim budaya bisnis di Sumsel dan Timteng ada sedikit perbedaan, Timteng gampang sekali menerima penawaran kerjasama, namun belum tentu dapat dipercaya.
Pihaknya berharap, kerjasama Sumsel dengan Timteng akan segera terwujud, karena akan memberikan manfaat positif bagi masyarakat Sumsel salah satunya peningkatan jumlah lapangan kerja.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s