Sektor Kesehatan Diminta Bersiap Untuk SEA Games

Posted: 18/10/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

– Sumsel-Aceh Punya Berobat Gratis
InformasiPagi, Sumsel

Berbagai sektor diminta mulai bersiap menyambut kegiatan South East Asian (SEA) Games XXVI di Sumsel pada November 2011 mendatang, tidak terkecuali sektor kesehatan. Dalam pertemuan kemarin juga terungkap, selain Sumsel, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD), juga memiliki program berobat gratis.
Demikian terungkap dalam acara pertemuan nasional manajemen rumah sakit, yang diadakan di Hotel Novotel Selasa (5/10). Acara yang diadakan mulai 4-6 Oktober ini, dihadiri 125 Kepala Dinas Kesehatan, Direktur Rumah Sakit se Indonesia, unsur Kementrian Kesehatan RI, pihak PT Askes Persero dan undangan lainnya.
Dalam sambutannya, PLT Sekretaris Daerah (sekda) Provinsi Sumsel, H Yusri Effendi Ibrahim menyampaikan, Pemprov Sumsel memiliki tiga program seperti pendidikan gratis, kesehatan gratis dan ketiga program penciptaan lapangan kerja yang sedang digarap.
Menurutnya, program berobat gratis tersebut dilaunching langsung Menteri Kesehatan, dan ia mengaku dalam perjalanannnya program berobat gratis masih menemui kendala di lapangan. “Pemprov Sumsel sangat mengapresiasi adanya pertemuan bidang kesehatan yang membahas pelayanan kesehatan ini, kita harap ke depan pelayanan kesehatan perlu ditingkatkan lagi,” kata Sekda.
Yusri juga menyosialisasikan kepada para peserta pertemuan, tentang kegiatan Sea Games XXVI di Sumsel pada 2011 mendatang. “Sumsel dipercaya menyelenggarakan SEA Games, sehingga perlu diadakan pembicaraan khusus tentang SEA Games ini dari sektor kesehatannya,” pinta Sekda.
Pada pertemuan kemarin, juga terungkap, selain Sumsel, Provinsi NAD juga memiliki program berobat gratis, jika Sumsel memercayakan program ini kepada Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel dengan program jamsoskes semesta, maka Provinsi NAD meminta pihak PT ASkes (Persero) untuk mengelolanya melalui program JKA (Jaminan Kesehatan Aceh). Dengan hanya menunjukkan KTP dan Kartu Keluarga (KK), masyarakat NAD akan mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis di rumah-rumah sakit dan puskesmas sama seperti Sumsel.
“Kami mengembangkan program kesehatan bagi masyarakat sejak 2005-2007 ditugaskan melalui pengelolaan askeskin, pada 2008 sampai sekarang pemerintah tetap menunjuk Askes melalui pengelolaan jamkesmas. Ada 181 kabupaten/kota di Indonesia yang sudah bekerjasama dengan PT Askes, salah satunya Provinsi NAD, yang mengcover pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakatnya di rumah sakit,” ungkap Dirut Utama PT Askes Persero, dr I Gede Subawa MKEs.
Hal ini juga diperkuat oleh Direktur RSUD dr H Yuliddin Awwal, Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan. Menurutnya, jumlah penduduk NAD mencapai sekitar 4,3 juta jiwa, untuk rumah sakitnya sendiri setiap bulan mengklaim biaya pengobatan kepada PT Askes mencapai Rp100-150 Miliar.
“JKA tidak melayani PNS, Jamkesmas dan Jamsostek, tapi untuk TNI/Polri boleh berobat gratis kalau mereka berobat ke rumah sakit pemerintah, karena jika berobat di daerah lain di luar rumah sakit institusinya maka mereka juga mendapatkan fasilitas berobat gratis,” jelasnya.
Sedangkan Ketua Panitia Kegiatan, Dr Umbu M Marisi, Hia menjelaskan, pertemuan kemarin untuk membangun dan menciptakan persepsi yang sama dalam hal kerjasama PT Askes dengan manajemen rumah sakit, Dinkes, pemerintah dengan penyelenggara asuransi kesehatan. “Diharapkan dari pertemuan, dapat merumuskan topik untuk peningkatan mutu pelayanan kesehatan,” katanya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s