Masyarakat Minta Dilibatkan Dalam Kegiatan SEA Games

Posted: 18/10/2010 in Uncategorized
Tags: ,

– Masyarakat Miskin Kota Ajak Dukung SEA Games
InformasiPagi, Sumsel

Ratusan massa yang menamakan dirinya masyarakat miskin kota (MMK), mendatangi Kantor Gubernur Sumsel Selasa (5/10), meminta penyelesaian masalah sengketa lahan yang terjadi di Sumsel. Selain itu, MMK juga mengajak masyarakat Sumsel ikut mendukung kesuksesan SEA Games XXVI di Sumsel tahun 2011 mendatang.
Dalam orasinya, Koordinator Aksi, Arifin Calender menyampaikan, ada yang peduli dan ada yang tidak peduli Sumsel akan mengadakan kegiatan SEA Games XXVI pada 2011 mendatang, MMK menilai event besar SEA Games merupakan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Sumsel, karena kesempatan ini tidak akan datang dua kali.
“Sekarang pihak ke tiga sedang sibuk-sibuknya membangun sarana dan prasarana SEA Games, mulai dari persiapan pembangunan venues dan lainnya. Tapi bagi masyarakat awam, apa yang bisa dilakukan ? kami meminta pemerintah baik langsung maupun tidak langsung, melibatkan masyarakat banyak dengan merekrut pekerja sektor informal (buruh kasar) seperti pemotong rumput, penjagaan, tukang sapu dan lainnya guna menunjang SEA Games, sehingga tidak hanya pemerintah dan pihak ketiga yang sibuk,” pintanya disela aksi.
Dengan begitu, masyarakat akan merasa memiliki dan juga siap membantu serta menyukseskan SEA Games nanti, bahkan jika ada yang mengganggu kegiatan SEA Games tersebut maka akan berhadapan langsung dengan masyarakat Sumsel. “Mari bersama-sama bahu membahu menyukseskan SEA Games XXVI di Sumsel,” ajaknya.
Pada tuntutan keduanya, MMK meminta dengan tumpang tindihnya masalah lahan yang terjadi di Sumsel, membuat masyarakat bingung siapa yang benar dan salah, seperti masalah tanah di Kabupaten Banyuasin seperti di TAA dan Gasing banyak bermunculan surat-surat baru di lahan yang sama. Sengketa dan ganti rugi lahan di Kabupaten OI juga masih terjadi, antara PTPN VII dengan Desa Lubuk Bandung, Rengas , Betung, Lubuk Liat dan Sunur Cinta Manis.
“Kami juga meminta Gubernur, DPRD, warga yang bersengketa dengan perusahaan, BPN dan pihak kejaksaan untuk duduk bersama menyelesaikan masalah ini terutama di Kabupaten OI. Karena kami yakin Gubernur Sumsel bisa mengatasi masalah ini, minimal tidak ada yang dirugikan antara masyarakat dan PTPN VII, mari kita selesaikan masalah yang ada dengan musyararah dan mufakat sesuai dengan UU yang berlaku,” katanya.
Pantauan di lapangan, berbeda dengan demonstrasi-demonstrasi yang sering terjadi, demo MMK berlangsung damai dan kondusif tidak terkesan anarkis, sehingga Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin bersedia turun langsung menemui para pendemo.
“Saya dipilih masyarakat Sumsel, maka saya akan mengurusi masalah masyarakat Sumsel, seperti masalah sengketa lahan akan diselesaikan sebaik-baiknya. Yakin saja pemerintah mampu menyelesaikannya, karena kalau bukan pemerintah, siapa lagi yang akan menyelesaikan masalah rakyatnya,” kata Alex.
Menanggapi masyarakat yang minta dilibatkan dalam SEA Games, Gubernur berjanji, akan melibatkan masyarakat sektor informal untuk mendukung SEA Games, namun masyarakat Sumsel harus mendukung kegiatan-kegiatan pembangunan SEA Games, seperti pembangunan Palembang Sport and Convention Center (PSCC) di Jalan POM IX, pembangunan venues di Jakabaring dan lainnya. “Untuk membangun lapangan golf membutuhkan lahan yang luas, untuk menebas atau mencabut rumput-rumput liarnya nanti akan dilibatkan 200 ibu-ibu, jadi masyarakat sektor informal pasti dilibatkan,” janji Alex.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s