Irigasi di Sumsel Perlu Banyak Perbaikan

Posted: 18/10/2010 in Uncategorized
Tags: , ,

InformasiPagi, Sumsel

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pengairan Provinsi Sumsel mencatat, dari sekitar 3.000 saluran irigasi yang ditangani Pemprov Sumsel di Sumsel, separuhnya memerlukan pemeliharaan atau perbaikan.
Kepala Dinas PU Pengairan, Rusdi mengatakan, berdasarkan pemantauan dan laporan masyarakat pihaknya mengiventarisir banyak irigasi yang kondisinya memerlukan pemeliharaan atau perbaikan. “Alokasi dana untuk perbaikan dan perawatan irigasi itu lebih dari Rp54 Miliar, tapi dengan anggaran tersebut tidak dapat mengcover perbaikan seluruh irigasi karena dananya tidak mencukupi,” ungkapnya diwawacara di Kantornya, Jumat (1/10).
Menurut Rusdi, perawatan dan pemeliharan tidak hanya harus dilakukan pihak Pemerintah saja, namun peran serta masyarakat sekitar juga diperlukan, salah satunya tidak menghambat jika ada pembangunan atau perbaikan irigasi.
Karena, sikap sosial dan kekompakan masyarakat sekarang masih perlu ditingkatkan lagi, pasalnya tidak sedikit masyarakat menghambat pembangunan irigasi. “Ketika beberapa masyarakat lain sepakat pembangunan irigasi, beberapa masyarakat lain tidak setuju bahkan meminta uang ketika alat pembangun irigasi akan lewat, padahal irigasi tersebut untuk kepentingan bersama,” katanya.
Disinggung mengenai kerusakan irigasi Kecamatan Tanjuk Sakti Pumi Kabupaten Lahat yang menyebabkan ratusan hektar sawah tak teraliri air, pihaknya akan segera menurunkan tim ke lokasi untuk menginventarisir dan memperbaikinya. Ia menjelaskan, tidak berfungsinya irigasi akan dilihat dari beberapa aspek seperti apakah air mengaliri sawah atau tidak dan lainnya.
Sementara itu, Kepala Bidang Irigasi Dinas PU Pengairan Sumsel Novan menambahkan, tidak harus Pemprov Sumsel saja yang menangani masalah irigasi, karena kabupaten/kota juga memiliki kewenangan memelihara irigasi di daerah masing-masing. Namun ia mengaku, kabupaten/kota di Sumsel banyak melimpahkan kewenangan pembangunan irigasi tersebut kepada Pemprov Sumsel dalam hal ini Dinas PU Pengairan Provinsi Sumsel.
Novan menjelaskan, dalam satu tahun pihaknya mendapatkan pengajuan usulan pembangunan irigasi dari kabupaten/kota mencapai 15-20 irigasi dengan nominal usulan dana minimal Rp5-Rp10 Miliar. “Tapi karena keterbatasan dana, tidak semuanya dibantu, kalaupun dibantu dananya mungkin tidak sebesar yang diajukan, dan juga kita seleksi berdasarkan skala prioritas,” jelasnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s