Gubernur Berencana Gratiskan UIN Raden Fatah

Posted: 18/10/2010 in Uncategorized
Tags: , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin sangat konsen dengan dunia pendidikan, setelah memelopori pendidikan gratis bagi siswa SD, SMP dan SMA baik negeri dan swasta di Indonesia. Gubernur juga mengupayakan pendidikan kuliah gratis di Universitas Islam Negeri Raden Fatah nantinya.
“Saya belum bisa membebaskan biaya kuliah sekarang, sekarang saya bersama Pemprov Sumsel baru mampu menggratiskan biaya sekolah SD, SMP dan SMA di Sumsel, disela provinsi lainnya belum berani melakukannya. Tapi ke depan, pada saatnya nanti, saya akan bebaskan biaya perkuliahan,” kata Gubernur disambut gemuruh tepuk tangan, pada acara pembukaan musyawarah daerah (Musda) BKPRMI VII di Griya Agung, Sabtu (2/9).
Namun, pembebasan biaya kuliah tersebut baru direncanakannya untuk UIN Raden Fatah ketika sudah berubah status nantinya, dan juga seiring sumberdaya alam Sumsel berangsur tereksploitasi besar-besaran serta investasi sudah banyak masuk ke Sumsel. “Doakan saja kita mendapatkan dana yang banyak untuk itu, sehingga kepentingan umat akan terlaksana dan diperhatikan lebih,” pinta Gubernur.
Tidak hanya itu, ia melihat selama ini pelajar, mahasiswa dan masyarakat muslim banyak pergi ke Mesir untuk menimba dan mengkaji ilmu-ilmu Islam khususnya ilmu membaca Alquran. Gubernur juga berencana akan mendatangkan para guru-guru dari Mesir tersebut untuk mengajarkan ilmu-ilmunya kepada masyarakat Sumsel. “Kenapa kita banyak berguru jauh-jauh belajar ke Mesir, ayo kita undang guru-guru itu ke Sumsel, untuk mendidik anak-anak kita generasi pembaca Alquran sejak kecil,” katanya.
Menurutnya, untuk melahirkan generasi muda yang berakhlak, berilmu, dan berwawasan luas, ilmu pengetahuan jangan hanya didapatkan dari dalam negeri saja, sehingga ia berkemauan keras mendatangkan para guru-guru dari Mesir tersebut. “Di Mesir pembaca Alquran itu sudah menjadi industri, kenapa kita tidak lakukan itu ? mendidik anak-anak kita sejak dini,” kata Gubernur.
Pemprov Sumsel juga tidak hanya memerhatikan sektor pendidikan, kesehatan bagi masyarakatnya saja, setelah generasi muda menamatkan pendidikannya, Pemprov Sumsel juga telah memikirkan langkah-langkah untuk menciptakan lapangan kerja. Salah satunya dengan mewujudkan kawasan industri di Tanjung Api-api (TAA), yang akan mampu menyerap tak kurang 100 ribu tenaga kerja, bahkan dengan kegiatan SEA Games XXVI 2011 di Sumsel mendatang, membutuhkan banyak peran dari masyarakat Sumsel, salah satunya memanfaatkan sektor perekonomian sesuai bidang masing-masing.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s