Sumsel Akan Buat Replika Ka’bah

Posted: 30/09/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

– Mock Up Pesawat Asrama Haji Butuh Rp2 Miliar

InformasiPagi, Sumsel

Provinsi Sumsel menjadi ingin menjadi pelopor dan menonjol di Indonesia, beberapa program Pemprov Sumsel menjadi percontohan di Nasional, bahkan direncanakan juga pembuatan Mock Up pesawat (replika ruang pesawat) untuk asrama haji Palembang yang membutuhkan dana mencapai Rp2 Miliar. Tidak hanya itu, akan dibuat juga Replika Ka’bah dan shafa marwah seperti di tanah suci.
Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan, Sumsel merupakan provinsi pertama kali di Indonesia yang memberikan bantuan uang transportasi untuk para jemaah calon haji (JCH) senilai Rp1 juta yang dimulai tahun lalu. Pada 2011 mendatang, asrama haji Palembang juga akan memiliki Mock Up pesawat sebagai sarana mempermudah dalam memanfaatkan fasilitas di dalam pesawat menuju tanah suci.
Pada 2011, Gubernur juga akan membuat terobosan baru dengan membuat replika Ka’bah dan Shafa Marwah di asrama haji. “Replika ka’bah dan shafa marwah di Asrama Haji Palembang nanti satu-satunya yang ada di Indonesia dan mungkin juga baru pertama dibuat di dunia,” kata Gubernur disela acara pelantikan panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) Embarkasi Palembang, di Kantor Gubernur, Jumat (26/9).
Untuk rencana itu, ia meminta agar Direktur PPIH dan SIH Kemenag RI, H Junaidi MBA yang hadir pada pelantikan PPIH, juga membantu Sumsel dengan menyampaikan rencana ini langsung kepada Menteri Agama RI. Karena menurutnya, Menteri Agama RI sudah berjanji membantu merehabilitasi asrama haji Palembang, mulai dari penambahan kamar dan fasilitas lainnya.
“Tolong laporkan ke Menteri, bahwa kami mempunyai rencana membangun ka’bah yang berukuran sekitar 600 meter, dengan ukuran sebenarnya sama seperti yang di tanah suci, sekaligus membuat Shafa Marwah,” sampai Alex.
Karena menurut Alex, dengan dibuatnya replika ka’bah dan shafa marwah, JCH dapat berlatih manasik haji sama seperti menunaikan ibadah haji di tanah suci di bawah terik matahari. “Fasilitas Sa’i mungkin bisa juga direalisasikan karena dapat ditempatkan di dalam gedung, tapi untuk ka’bah harus di bawah terik matahari tanpa menggunakan sandal sepatu, biar terasa kondisi yang sebenarnya,” kata dia.

Sebelumnya, Direktur Utama PD Swarna Dwipa, Augie Yahya Bunyamin mengatakan, jika mock up pesawat di asrama haji dibuat, maka Sumsel merupakan satu-satunya provinsi di Indonesia yang Embarkasi hajinya memiliki mock up pesawat, dan akan menjadi embarkasi haji yang terbaik fasilitasnya.
“Mudah-mudahan kita usahakan sebelum embarkasi haji 11 Oktober mendatang asrama haji sudah punya mock up pesawat. Bahkan yang paling menggembirakan lagi, tahun depan kita anggarkan lagi pembuatan ka’bah dengan ukuran seperti ka’bah asli, dan juga akan dibuat sa’i,” ungkapnya.
Menurut Augie, dana membuat mock up pesawat nantinya bukan dari APBD melainkan bantuan dari Kementrian Agama RI. “Harapan Gubernur Sumsel sebenarnya menggunakan APBD, tapi pengajuannya sudah telat karena sudah ketok palu, tapi Gubernur telah bertemu Menteri Agama RI, dan Menteri sanggup membantu membangunkan semuanya, mudah-mudahan segera terealisasi,” katanya.
Augie menjelaskan, mock up pesawat akan ditempatkan di dalam gedung, memanfaatkan ruang 12×6 m, mock up pesawat sendiri hanya menyediakan 12 seat/kursi, dengan susunan empat barisan kursi, per barisan ada tiga kursi, JCH akan secara bergantian mencoba mock up pesawat tersebut.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s