Persyaratan Rumah Murah Diusulkan Dipermudah

Posted: 30/09/2010 in Uncategorized
Tags: ,

InformasiPagi, Sumsel

Kepanitiaan seleksi pendaftar rumah murah, mengusulkan kepada Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin untuk memberikan keringanan persyaratan bagi pendaftar rumah murah sektor formal tipe 36 di Jakabaring. Pasalnya, banyak PNS Guru yang mendaftar tidak masuk kriteria yang ditentukan.
Demikian diungkapkan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sumsel, Syahril Zaman diwawancara disela acara seminar KPK di Hotel Aryaduta, Kamis (30/9). Menurut Syahril, setelah dilakukan pendataan ulang, ia mengklarifikasi kekeliruan jumlah para PNS Guru yang lolos seleksi wawancara rumah murah beberapa waktu lalu, yaitu sebanyak 284 pendaftar yang sebelumnya disebutkan 281 pendaftar.
Lalu, ia menjelaskan, setelah melakukan tes wawancara beberapa waktu lalu, sebanyak 284 PNS Guru dinyatakan lulus seleksi tahap pertama dan tahap kedua yaitu tes wawancara, dan hasil tersebut kini tengah dajukan kepada Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin untuk segera di SK-kan.
“Tim sudah melakukan verifikasi dan sebanyak 284 pendaftar dinyatakan lolos, lalu kita akan meminta SK Gubernur, setelah itu mereka akan ditemukan lagi dengan pihak Bank untuk disepakati pembayaran biaya akad kredit. Mereka setuju atau tidak untuk dilakukan akad kredit ? kalau pihak konsumen dan Bank Sumsel sepakat untuk dilakukan akad kredit maka tidak masalah,” katanya.
Syahril menerangkan, dari 400 unit rumah murah yang selesai, telah didapatkan 284 calon penghuni yang akan melakukan akad kredit, sisanya sekitar 116 pendaftar akan dilakukan verifikasi lagi. “Sisanya ini segera dilakukan verifikasi, tapi panitia sekarang sedang meminta persetujuan keringanan kriteria dari Gubernur Sumsel, karena kriteria yang sekarang dinilai terlalu berat bagi pendaftar,” ujarnya.
Keringanan kriteria yang dimaksud seperti masa kerja yang minimal 10 tahun, diusulkan minimal lima tahun, juga masalah umur yang diminta maksimal 45 tahun diusulkan batas umur 50 tahun. Karena, banyak PNS Guru berumur 48 tahun belum memiliki rumah. “Kalau harus menurut kriteria yang ditentukan banyak PNS guru yang tidak memenuhi persyaratan dan tidak mendapatkan rumah. Usulan ini sudah kita koordinasikan ke pihak pemberi kredit yaitu Bank Sumsel Babel Syariah,” terang dia.
Jika usulan keringanan persyaratan ini disetujui Gubernur, maka pendaftar yang tidak lolos pada verifikasi tahap awal akan ikut diverifikasi lagi dan berkemungkinan untuk lolos. “Kita tetap menargetkan, akad kredit untuk 400 unit rumah murah ini pada 2010 akan segera selesai,” katanya optimis.
Sebelumnya, Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Syariah Palembang, Histinalawati, mengatakan, jika sudah dilakukan akad kredit antara Bank Sumsel Babel Syariah dengan konsumen, maka bagi konsumen yang memiliki tabungan di Bank Sumsel Babel konvensional atau syariah, maka pembayaran kredit akan dipotong melalui tabungan tersebut, namun jika memiliki tabungan di luar Bank Sumsel Babel, maka harus menyetor langsung ke Bank Sumsel Babel Syariah.
Ia juga menjelaskan, harga jual fisik rumah tipe 36 di Jabakaring tersebut senilai Rp32,5 juta, harga tersebut di luar biaya listrik, PDAM dan Pensertifikatan. Konsumen harus menambah Rp2.620 juta untuk pengurusan tiga fasilitas tersebut.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s