Oktober, Penerimaan CPNS Di Sumsel Dibuka

Posted: 30/09/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumsel, telah menginventarisir dan mengajukan usulan formasi penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) di Sumsel mencapai 3.427 orang ke Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara (Kemenpan). Oktober mendatang dipastikan penerimaan CPNS di Sumsel dibuka.
“Tanggal 4 Oktober nanti Menpan melakukan rapat untuk menentukan kualifikasi apa yang harus direkrut, dan membahas usulan dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Setelah hasil rapat itu, kita akan rapat dengan kabupaten/kota untuk menentukan tanggal pasti penerimaan CPNS di Sumsel secara serentak, bisa saja Oktober ini penerimaan CPNS di Sumsel dibuka,” ungkap Kepala BKD Sumsel, Drs H Muzakir diwawancara disela acara seminar KPK di Hotel Aryaduta, Kamis (30/9).
Karena menurutnya, penerimaan CPNS tahun ini tidak terlalu rumit, pasalnya penerimaan CPNS seluruh kabupaten/kota dipastikan sudah menggunakan sistem online, dan persyaratannya tidak terlalu banyak, seperti KTP, nomor ijazah legalisir, aplikasi permohonan dan lainnya.
Muzakir memaparkan, total formasi CPNS yang dibutuhkan tahun ini mencapai 3.427 orang, yang terdiri dari Pemprov Sumsel 157 CPNS, OKU 239 CPNS, Lubuk Linggau 242 CPNS, Prabumulih 246 CPNS, Banyuasin 213 CPNS, OKU Selatan 208 CPNS, Lahat 204 CPNS, Musi Banyuasin 246 CPNS, Ogan Ilir 243 CPNS, OKU Timur 213 CPNS, Pagaralam 241 CPNS, Empat Lawang 266 CPNS, Musi Rawas 257 CPNS, Muara Enim 240 CPNS dan OKI 212 CPNS.
Ia juga menjelaskan, berdasarkan rekapitulasi persetujuan prinsip formasi CPNS tahun 2010, daerah tertinggi yang menerima pegawai yakni Kabupaten Empat Lawang, karena daerah tersebut merupakan daerah pemekaran, sedangkan Kota Palembang tidak menerima CPNS. “Sejauh ini, berdasarkan usulan kabupaten/kota tenaga guru dan tenaga medis masih banyak dibutuhkan, kalau tenaga strategis, teknis dan administrasi juga ada tapi tidak banyak. Tapi tahun ini Kota Palembang tidak menerima CPNS, mungkin Palembang akan mengangkat tenaga honorer mereka,” kata Muzakir.
Mengenai penerimaan CPNS via online ini, ia memastikan seluruh kabupaten/kota se Sumsel pada tahun ini siap melaksanakannya, meski bagi kabupaten/kota yang tidak menerapkannya tidak akan diberikan sanksi. “Walaupun penerimaan via online bukan berarti tidak menggunakan pengiriman via kantor pos lagi, karena pengiriman via kantor pos tetap dilakukan untuk pengiriman kelengkapan berkas lamaran. Saya kira kabupaten/kota tidak masalah lagi dengan sistem online ini, karena kita kan bekerjasama dengan PPJKA UNSRI, dan kita pastikan tahun ini seluruh kabupaten/kota pendaftarannya via online,” jelasnya.
Muzakir menerangkan, dengan pendaftaran via online dapat memudahkan tugas panitia penerimaan, dan juga biaya yang dikeluarkan juga sangat kecil. Pendaftaran via online juga untuk menyaring SDM dari luar Sumsel, karena dengan pendaftaran online peminat CPNS dari luar Pulau Sumatera misalnya dari Jawa juga dapat mengikuti pendaftaran, sehingga penerimaan CPNS akan lebih transparan tidak hanya dari lokal Sumsel. “Kita memang berharap dapat menjaring SDM dari luar Sumsel, karena memang prinsip penerimaan pegawai itu warga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), jadi kita tidak bicara orang Sumsel lagi, siapa yang mampu silahkan mendaftar,” jelasnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s