Masjid Air, Desain Masjid Sriwijaya Favorit

Posted: 30/09/2010 in Uncategorized
Tags: , ,

– Juara Favorit Desain Masjid Sriwijaya Ditentukan
InformasiPagi, Sumsel

Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya (PU CK) Provinsi Sumsel telah mendapatkan pemenang desain terfavorit Masjid Sriwijaya pilihan masyarakat umum, dari lomba desain Masjid Sriwijaya yang diadakan di Hotel Swarna Dwipa 1-7 September lalu.
Kepala Dinas PU Cipta Karya, Rizal Abdullah mengatakan, dari 18 peserta lomba desain Masjid Sriwijaya, hingga kini kepanitiaan baru mendapatkan pemenang favorit desain Masjid Sriwijaya yang diambil dari pilihan masyarakat umum yaitu Masjid Air desain masjid yang bertema air.
“Desain masjid air yang menjadi pemenang favorit desain Masjid Sriwijaya ini, mendapatkan 37 suara dari total 181 suara dari masyarakat umum yang datang saat pameran kemarin, sementara untuk desain Masjid n2o hanya mendapatkan 27 suara di urutan kedua terfavorit,” katanya diwawancara di kantornya Selasa (28/9).
Namun, kepanitiaan belum merampungkan proses penilaian pemenang juara 1,2,3 dan juara harapan, karena desain-desain tersebut harus mendapatkan persetujuan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin dan juga akan dibawa ke Jakarta untuk mendapatkan persetujuan dari pusat.
“Pemenang juara 1,2,3 dan juara harapan belum didapatkan karena masih dinilai dan didiskusikan tim dari pusat, yang terdiri dari Sembilan orang yang mewakili semua unsur, mulai dari akademisi, tokoh budaya, arsitek praktisi, prodi arsiktektur universitas di Palembang, Rektor IAIN, BPPT hingga MUI Sumsel,” katanya.
Adapun juri yang masih menilai pemenang juara 1,2,3 dan juara harapan tersebut seperti, Ketua MUI Sumsel, KH Sodikun, Rektor IAIN Raden Fatah, Prof H Aflatun Muchtar MA, DR Ir Efri Agson Gani, M Eng dari BPPT, tokoh budaya, Ir Anwar Rivai, Prodi Arsitektur Universitas Tridinanti, Ahmad Ardani ST IAi, Prodi Arsitektur Unsri, Wenty Triyuly ST MT Iai, Prodi Arsitektur UMP, Ir Zuber Angkasa MT Iai dan Arsitek Pratisi, Ir Isnaini Madani MTP MSI Iai.
“Proses penilaiannya memang agak lama, karena juri harus menentukan yang terbaik dari yang terbaik, aspek-aspek yang dinilai itu mulai dari segi filosofi agama, nilai arsitek juga tata ruangnya. Kalau sudah didapatkan pemenangnya nanti baru akan dihitung berapa anggaran pembangunan yang diperlukan,” ungkapnya.
Ia mengingatkan, disiapkan dana senilai total Rp170 juta yang dibagi tujuh kategori pemenang, yaitu Rp60 juta untuk pemenang pertama, Rp50 juta untuk pemenang kedua, Rp40 juta untuk pemenang ketiga. Lalu untuk juara harapan satu, dua, tiga dan juara desain favorit masing-masing mendapatkan Rp5 juta.
“Dari 18 desain nanti akan dipilih enam atau tujuh pemenang, tergantung desain mana yang dipilih, kalau juara pertama desainnya menjadi desain pilihan favorit masyarakat, maka juara pertama tersebut berhak mendapatkan hadiah lagi Rp5 juta,” jelas Rizal.
Sebelumnya, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, menyampaikan, Masjid Sriwijaya akan menjadi masjid tercantik di Indonesia, di dalam kompleks masjid seluas 35 hektar tersebut akan dibangun Institut Agama Islam Negeri Raden Fatah (IAIN RF) Palembang yang akan menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah terbaik se Asia Tenggara, dan juga dibangun Islamic Center. “Semuanya akan berdampingan di situ, mudah-mudahan masjid ini tidak akan lama terwujud, dan akan jadi sebelum masa jabatan saya berakhir” kata Gubernur.
Menurutnya, untuk mewujudkan pembangunan masjid ini, biaya yang diperkirakan mencapai Rp300-400 Miliar, bantuan dananya juga dari Asian Development Bank yang akan masuk perencanaan pada 2011 mendatang. “Sedangkan dana yang dibutuhkan untuk pembangunan di komplek itu baik masjid, UIN dan Islamic Center mencapai Rp1 Triliun, dan perlu diingat juga, sepanjang masjid itu digunakan, maka sepanjang itu pula pahala akan mengalir kepada penyalur bantuan untuk Masjid Sriwijaya ini,” ujarnya.
Gubernur mengatakan, jika Masjid Sriwijaya terwujud maka di Indonesia tepatnya di Jakabaring Palembang akan ada satu komplek yang di dalamnya memiliki Islamic Center dipadukan Universitas Islam dan Masjid Sriwijaya. “Dengan kombinasi ini, masjid akan makmur,” katanya.agustian pratama

Comments
  1. luar biasa, semoga masjid ini menjadi rumah ibadah yang dipakai masyarakatnya dengan layak. bukan sekedar masjid megah yang sepi

    Google Biografi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s