KPID Sumsel Bentuk Satgas Pengawas Penyiaran

Posted: 30/09/2010 in Uncategorized
Tags: , ,

InformasiPagi, Sumsel

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sumsel periode 2010-2013, segera membentuk satuan tugas (satgas) pengawas penyiaran di Sumsel baik radio atau televisi. KPID kepengurusan baru ini juga akan lebih proaktif menerima keluhan masyarakat melalui jejaring sosial facebook dan twitter.
Menurut Ketua KPID Sumsel, Iwan Kusuma Jaya, KPID Sumsel periode baru, akan membentuk satgas pengawas atau pemantau penyiaran di Sumsel sebagai representasi masyarakat umum, karena KPID Sumsel ingin lebih membuka diri kepada masyarakat, media massa dan juga ingin lebih membumi.
“Kita ingin memperbanyak pertemuan dengan masyarakat, karena kalau dikenal masyarakat, masyarakat akan lebih mudah mengakses KPID khususnya menyampaikan keluhan terhadap penyiaran,” katanya diwawancara di kantornya, Rabu (29/9).
Iwan mengatakan, KPID Sumsel ingin masyarakat lebih proaktif menyampaikan keluhan kepada KPID Sumsel dari berbagai media, mulai dari SMS, telepon, datang ke kantor, bahkan juga pihaknya mengupayakan keluhan dapat disampaikan melalui media jejaring sosial seperti facebook, twitter dan website KPID Sumsel, yang accountnya kini tengah dibahas. Upaya ini juga untuk menyosialisasikan KPID Sumsel dari berbagai segi khususnya di dunia maya.
“Dengan melapor lewat jejaring sosial, tentu masyarakat tidak harus secara resmi menyampaikan keluhan ke kantor, menelpon. Masyarakat juga dapat lebih mudah berkomunikasi dan akan lebih dekat dengan KPID Sumsel,” jelasnya.
Selain itu kata Iwan, sesuai permintaan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, pihaknya akan menyukseskan SEA Games XXVI di Sumsel tahun 2011 mendatang dengan menyosialisasikan SEA Games XXVI dari kota hingga pelosok desa melalui media penyiaran di Sumsel. “Itu tugas kita juga, selain tugas pokok yang akan dijalankan,” katanya. Sementara itu, Kabid Pengawasan Isi Siaran KPID Sumsel, Yamin Hasan menambahkan, satgas yang dibentuk akan memberdayakan anggota KPID Sumsel termasuk para honorer, yang akan mengawasi setiap penyiaran di Sumsel, baik itu radio, televisi kabel, televisi komunitas dan lainnya. Karena disinyalir ada kegiatan penyiaran yang sudah lama berlangsung namun belum memiliki izin, dan juga banyak kegiatan siaran yang benar-benar tontonan tapi bukanlah sebagai tuntunan seperti tayangan pornografi atau lainnya. “Siaran-siaran media penyiaran di Sumsel haruslah memiliki konten dan mengangkat siaran lokal, dan selain menyajikan tontonan juga memberikan tuntunan bagi pendengar atau penontonnya,” pintanya.
Pihaknya juga dalam waktu dekat, akan mengadakan pertemuan dengan media-media penyiaran di Sumsel untuk membicarakan hal-hal tentang penyiaran. “KPID Sumsel ingin beda dari KPID daerah lain, seperti permintaan pak Gubernur Sumsel saat pelantikan kemarin. Kita juga ingin memecahkan setiap persoalan yang belum terselesaikan pada KPID kepengurusan lama, seperti masalah perizinan radio dan lainnya,” terangnya.
Sebelumnya, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menyampaikan, KPID memiliki peran urgen dalam pembangunan di Sumsel, sehingga harus berbuat banyak untuk daerah, tidak hanya duduk di tempat, namun memastikan hak rakyat untuk mendapatkan informasi dapat diberikan. “Pastikan media penyiaran di Sumsel menyosialisasikan SEA Games XXVI pada November 2011 mendatang, dari kota sampai ke pelosok pedesaan, sehingga informasi tentang perkembangan dan pembangunan di Sumsel tersampaikan dengan seimbang,” tegas Alex.
Karena ke depan, Sumsel masih memiliki tugas berat baik skala nasional dan internasional, sehingga semua elemen termasuk KPID Sumsel harus mampu bergerak cepat, mengiringi pola kerja Pemprov Sumsel agar tidak ketinggalan. “Media penyiaran harus sesuai dan bermanfaat bagi masyarakat, jika tidak maka KPID berhak menegur media penyiaran yang melanggar aturan atau tidak bermanfaat bagi rakyat itu. Jadikanlah KPID Sumsel menjadi yang terbaik di Indonesia, dan saya yakin KPID kepengurusan baru ini dapat menjalankan tugas dengan baik,” pinta Gubernur.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s