Katering SEA Games Bersertifikat Halal

Posted: 30/09/2010 in Uncategorized
Tags: , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Bagi katering yang ingin akan ikut menyuplai kebutuhan selama SEA Games XXVI di Sumsel tahun 2011 mendatang, seperti kebutuhan atlit dan official, katering tersebut haruslah bersertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumsel.
Pelaksana Tugas Direktur Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI Sumsel, H Anwar Mashuri mengatakan, sejak MUI Sumsel memiliki LPPOM sebagai lembaga yang mengeluarkan sertifikasi halal untuk produk-produk makanan, minuman, obat-obatan dan kosmetika, setiap tahunnya terjadi peningkatan pelaku usaha yang mensertifikasi halal produk-produknya di LPPOM MUI Sumsel.
“Seperti untuk usaha katering, sampai sekarang sudah ada sekitar 74 katering di Sumsel yang sudah bersertifikasi halal dari LPPOM MUI Sumsel, jadi sekarang cukup banyak pelaku usaha yang mensertifikasi halal produknya, kenapa yang lain tidak ?” ungkap Anwar diwawancara di Sekretariat MUI Sumsel, di Jalan Kapten Anwar Sastro, kemarin Rabu (29/9).
Ternyata, hal inilah kata Anwar, yang mendorong pihak Pemprov Sumsel untuk mensyaratkan bagi katering-katering, yang akan menyuplai kebutuhan selama kegiatan SEA Games XXVI di Sumsel tahun 2011 mendatang, haruslah bersertifikat halal dari LPPOM MUI Sumsel. “Pemprov Sumsel telah melakukan komunikasi untuk bekerjasama dengan kita, agar katering SEA Games nanti, seperti untuk menyuplai kebutuhan para atlit atau official harus bersertifikat halal,” katanya.
Sementara itu, Ketua MUI Sumsel, KH Sodikun juga menyambut bangga dengan keinginan Pemprov Sumsel yang mensyaratkan katering SEA Games harus bersertifikat halal, bahkan ia juga sangat menyambut baik katering embarkasi haji Palembang yang juga disyaratkan bersertifikat halal dari LPPOM MUI Sumsel.
“Perhatian dari pemerintah ini sungguh luar biasa, sehingga katering yang ingin ikut tender untuk menangani permakanan selama haji wajib memiliki sertifikat halal MUI Sumsel. Sumsel menjadi pelopor di Indonesia yang melakukannya, sebab saya sudah bertanya-tanya dengan daerah lain, ternyata memang belum ada yang mensyaratkan seperti itu,” kata Sodikun.
Menurut Sodikun, MUI Sumsel wajib memastikan makanan di Sumsel khususnya selama SEA Games dan musim haji semuanya halal, terlebih akhir-akhir ini marak makanan-makanan yang tidak halal, mulai dari daging sapi yang dioplos dengan daging babi dan lainnya. “Sebagai tuan rumah SEA Games, kita wajib melayani tamu sebaik-baiknya, khususnya bagi umat muslim untuk diberikan makanan yang halal. Tapi bagi atlit yang non muslim, silahkan mengonsumsi makanan tak halal, asalkan tempat masak dan alat masaknya tidak disatukan dengan makanan yang halal,” pinta Sodikun.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s