Bank-bank Siaga Aksi Pembobolan ATM

Posted: 30/09/2010 in Uncategorized
Tags: ,

InformasiPagi, Sumsel

Maraknya aksi perampokan dan pembobolan anjungan tunai mandiri (ATM) di kota-kota besar di Indonesia, membuat bank-bank di Sumsel mulai siaga keamanan. Mulai dari penambahan fasilitas pengamanan di ATM, patroli hingga ke penambahan personil memantau ATM.
General Manager Bisnis Regional II Bank Bukopin Suflan Rizal juga mengatakan, pihaknya telah melakukan upaya antisipasi terjadinya aksi kejahatan di ATM-ATM bank-nya, seperti menempatkan kamera tersembunyi atau kamera CCTV di ATM-ATM, dan meningkatkan intensitas pengawasan ATM setiap tiga jam sekali oleh petugas-petugas yang ditunjuk.
“Dengan adanya kondisi pembobolan ATM yang marak, tentu kita dari pihak bank akan merasa cemas dan khawatir, untuk itulah pada ATM yang stand alone di luar kantor bank, kita sudah lakukan monitor ke setiap lokasi ATM tersebut setiap tiga jam sekali. Untuk ATM yang di kantor, kita sudah memiliki banyak petugas, baik dari satuan pengamanan (satpam) dan juga melibatkan beberapa pegawai lainnya,” jelas dia usai menghadiri acara di Kantor PT PLN WS2JB, kemarin, Senin (27/9).
Ia menjelaskan, jumlah ATM Bukopin di Kota Palembang, tidak begitu banyak yaitu tujuh unit ATM sehingga mudah dilakukan monitor, dan dalam pengamanan ATM ini pihaknya juga bekerjasama dengan pihak kepolisian.
Sedangkan, Deputi General Manager PT BNI Tbk Regional Palembang, Jet Rizal Jamaran juga mengatakan, Bank BNI sudah mulai melakukan antisipasi terjadinya hal tidak diinginkan di ATM-ATM mereka. “Pertama kita siapkan pengamanan fisik, dengan memasang angkur, pelaku akan sulit mengangkatnya, lalu memasang kamera tersembunyi, kita juga kerahkan satpam-satpam yang harus aktif mengawasi ATM-ATM dan patroli, serta bekerjasama pihak kepolisian dalam pengamanan,” terang dia.
Selain itu, pihaknya juga akan meminta partisipasi seluruh pegawai baik dari taraf pimpinan hingga ke bawahan yang jumlahnya lebih dari 1.000 orang, untuk aktif mengawasi kondisi 159 ATM di daerah masing-masing. “Kita minta para pegawai juga ikut mengawasi kondisi ATM di daerahnya atau yang ditemuinya, jika ATM tersebut kotor atau lampunya mati, segera dilaporkan untuk segera ditangani secepatnya, karena ATM Bank BNI harus terang dan bersih,” jelasnya.
Pengawasan ketat tersebut dilakukan pihak Bank BNI khususnya di ATM-ATM yang berada di daerah sepi atau jauh dari pemukiman masyarakat. “Perampokan atau pembobolan ATM ini biasanya terjadi di hari libur, sehingga patroli pada hari-hari libur harus diperbanyak, khususnya di sekitar 79 ATM di Palembang,” tutupnya.
agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s