November, Sriwijaya Air Layani Palembang-Kuala Lumpur

Posted: 24/09/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , , ,

InformasiPagi,Sumsel

Setelah mendapatkan izin penerbangan dari Kuala Lumpur Malaysia dan Indonesia, pada Bulan November 2010 mendatang, maskapai penerbangan Sriwijaya Air akan menerbangi rute Palembang-Kuala Lumpur. Penerbangan Palembang-Kuala Lumpur yang terselenggara atas kerjasama Sriwijaya Air dan Pemprov Sumsel diyakini akan menguntungkan.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel, Ir H Sarimuda MT mengatakan, Pemprov Sumsel resmi melakukan kerjasama dengan Maskapai Sriwijaya Air untuk penerbangan Palembang-Kuala Lumpur, dan surat resmi dari Sriwijaya Air sudah keluar yang menerangkan bahwa izin penerbangan dari Kuala Lumpur dan Indonesia sudah dikeluarkan.

Dengan telah didapatkannya izin tersebut kata Sarimuda, maka direncanakan pada Bulan November mendatang, penerbangan Palembang-Kuala Lumpur melalui maskapai Sriwijaya Air sudah dapat beroperasi dan terealisasi.

“Artinya penerbangan ke Malaysia sudah mendapat izin dari dua Negara, dan kini kita tinggal menunggu izin operasional untuk penjualanan tiket di Kuala Lumpur,” kata Sarimuda usai melakukan pertemuan dengan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dan para pramugari/pramugara yang lolos seleksi, di Kantor Gubernur, Jumat (24/9).

Mengenai perekrutan pramugari/pramugara sendiri, ia mengatakan, perekrutannya masih bekrjasama antara Sriwijaya Air dengan Pemprov Sumsel, hasilnya dari 168 pramugari/pramugara yang mendaftarkan diri, dan setelah melalui beberapa tes seperti tes tertulis, wawancara, psikotes dan medical check up, terjaring 18 orang terdiri dari 14 calon pramugari dan empat calon pramugara.

“Dari 18 orang tersebut 17 orangnya berasal dari Sumsel, satu orang dari luar Sumsel tapi orang tuanya dari Sumsel. Kita memang memilih yang dari Sumsel, karena mereka nanti dapat memromosikan potensi dan budaya Sumsel dengan masyarakat di luar Sumsel atau dari luar negeri, khususnya memperkenalkan sektor pariwisata Sumsel,” katanya lagi.

Lebih lanjut sambung dia, 18 orang pramugari/pramugara ini, pada tanggal 26 September 2010 akan diberangkatkan ke Jakarta untuk ditraining atau dilatih selama enam bulan, tiga bulan di Cempaka Putih dan tiga bulan di Cisarua setelah itu baru dapat bertugas sebagai pramugari dan pramugara.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin merasa yakin, kerjasama antara Pemprov Sumsel dengan Sriwijaya Air akan menguntungkan kedua belah pihak, maskapai penerbangan Sriwijaya Air ini akan turun langsung di Terminal Internasional Kuala Lumpur, berbeda dengan Maskapai Air Asia yang turun di terminal budget.
Sebelumnya, Direktur Komersil Sriwijaya Air, Toto Nursatyo menjelaskan, rencana penerbangan Sriwijaya Air rute Palembang-Kuala Lumpur tiga kali satu minggu. Pihaknya berharap, dengan adanya kerjasama dengan Pemprov Sumsel ini, pasar penerbangan ke Kuala Lumpur akan tumbuh.

“Saya harap akan ada market growth, karena jika dilihat animo tujuan ke Kuala Lumpur pada tahun lalu, per harinya bisa tembus 100 orang, dalam satu bulan bisa mencapai 3.000 penumpang. Nah, saat ini diterapkan tiga kali seminggu, mudah-mudahan seat akan terpenuhi, sehingga Pemprov tidak perlu mengeluarkan subsidi,” jelas dia.

Toto mengakui, akan ada sharing profit atau bagi hasil antara Sriwijaya Air dan Pemprov Sumsel, namun, pihaknya belum dapat memberitahu nominalnya karena akan dibahas lebih lanjut. “Tarifnya juga belum kita desain, tapi tentunya akan menarik dan terjangkau, kalau tarif ke Palembang-Jakarta-Kuala Lumpur bisa mencapai 200 USD, kita tidak akan sampai sebesar itu,” kata dia.agustian pratama

Advertisements
Comments
  1. tiket bisa dipesen online ga ya? saya di kedah jauh banget kalo mesen harus ke kuala lumpur -,-

  2. lien says:

    syukurlah…kpn sdh bisa pesan tiket??

  3. nadra & lien … masalah teknisnya saya belum tau, yang jelas maskapai penerbangan sriwijaya air pasti akan menerbangi rute Palembang-Kuala Lumpur … untuk update infonya … baca terus InformasiPagi, Sumsel … ok .. tq for the comments girls …

  4. lien says:

    tlg info donk!!udah ada blm jadwal terbang ke KL??

    • lien … kami akan tindaklanjuti terus informasi ini, dan akan dikonfirmasikan dengan pihak bandara smb 2 palembang serta dinas perhubungan sumsel, ditunggu aja infonya beberapa hari lagi, kan baru masuk November ini

  5. nuzsep says:

    Salam alhamdulillah kalau betul jadi penerbangan PLM-KLIA…taniah dan sabas..
    hari ini 1 november 2010
    namun sampai jam 12.00pm ini sriwijaya air belum buka booking online…

    saya mohon konvirmasi kawan2..

    trimakasih…

  6. lien says:

    Salam..gimana donk dah 4 nov msh blm ada berita,rencana raye ni I nak balek ke KL.

  7. informasi terakhir dari kepala dinas perhubungan dan informatika provinsi sumsel, ir h sarimuda mt, pihak sriwijaya air sedang mempersiapkan loket tiket dan lainnya, pesawatnya sudah ada,pramugarinya sudah ada, dan kemungkinan akan mulai operasi pertengahan november, tapi sarimuda berjanji hari selasa siang 9 november 2010, dia akan kontak langsung pihak sriwijaya air tentang kepastiannya…

    terima kasih tetap update di informasipagi …

  8. lien says:

    Salam..info pagi pe kbr?gimana ni udah ada jadwal terbang ke???

    • thanks for the comments and reply, untill now i cant make a contact with public relation sriwijaya air, but i’ll try … tomorrow Saturday (13/1), i’ll contact sriwijaya air … keep update …

    • informasi terakhir dari District Manager Sriwijaya Air Palembang, Joni, pihak Sriwijaya Air masih melakukan penyelesaian administrasi dengan pihak Bandara di Malaysia, yang salah satunya mengenai penyiapan loket. Tapi, pihak Sriwijaya Air menargetkan November sudah operasional.

      so ditunggu aja info selanjutnya, dan mohon maaf karena kami hanya sebatas memberi informasi bukan pengambil keputusan untuk itu.

      terima kasih masih tetap mengupdate berita di informasipagi sumsel, semoga berita yang kami sajikan bermanfaat untuk anda semua.salam

      • saifudin says:

        gmn info rencna terbang kl/plmnya

      • mas saifudin, terima kasih sudah komentar, nanti kita update lagi informasinya, untuk khabar terakhir, dishub kominfo sumsel, akan mengirimkan surat tertulis kepada pihak sriwijaya air untuk memastikan kapan waktunya.

  9. xcel says:

    Kl yg saya petik dari cerita diatas berarti untuk pembukaan nya masih belum bisa dipastikan kapan.
    sedangkan harga yg d patok untuk plg-jkt-kL mencapai 200 usd,seperti nya tidak mencapai 200 usd. Mungkin harga sekitar 75 usd. untuk pesawat yg khusus ke malay bukan pesawat elite.
    Maaf sebelumnya, kalau ada kata2 yang tidak berkenan.Karena harga yg waktu d bandrol sama maskapai lama lebih murah.
    Terima kasih

  10. saifudin says:

    gmn mbak ni da desember….srwjy gak kunjung jga hadir..

  11. saifudin says:

    mbak mas gmna ni da hampir hbs desembr..ko blm jg hadir sih…kwan2 da gak sbran..

  12. nuzsep says:

    pi ye toh dab kabare sriwijaya air….ini dah 11 januari 2011 loh…kok sriwijaya air belum juga nongol batang hidungnya…

    kalo sriwijaya air nggak mampu..jangan obral janji deh…

    nanti pas metu..eh harga ne lebih dari airasia…wah kalo gitu nggak meringankan beban cost warga palembang yang merantau….krn banyak loh Pahlawan devisa indonesia yang melalui penerbangan kuala lumpur-palembang…PP lg.,,

  13. adhi aristo says:

    GImana pihak Informasi Pagi bisa berikan update rencana penerbangan SMB II – KL. Ini sudah hampir February tapi belum terealisir dari janjinya bulan November. Malukan kalo Palembang udah bilang Kota Internasional tapi gak ada penerbangan Internasionalnya. Nanti masa Sea Games banyak Atlet, Wartawan, Supporter negara lain mau ke Palembang muter dulu melalui Jakarta. Kan bikin malu kota kita sebagai Penyelenggara. Mohon updatenya…..
    Trims

  14. Jaromi says:

    MANAAAAAAAA JANJINYAAAAAAAA….
    KAMI SUDAH LELAH TUNGGU DARI NOVEMBER RUTE PALEMBANG – KL
    BANYAK MAHASISWA PALEMBANG YANG STUDY DI KUALA LUMPUR DAN PAHLAWAN DEVISA KITA DISANA.

    MOHON SEGERAA DI REALISASIIIIIIIIII

  15. Sriwijaya says:

    Mano dio mang cek???? Memang kamu ni katek urusan nian…malu samo wong malay, besak ngomong be kamu ni…SRIWIJAYA AIR ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s