Gubernur Lantik PPIH Embarkasi-Debarkasi Palembang

Posted: 24/09/2010 in Uncategorized
Tags: , , , ,

– Panitia Haji Diminta Yang Berpengalaman

InformasiPagi,Sumsel

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi dan Debarkasi Palembang 2010, dilantik Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin di Graha Bina Praja Sumsel, kemarin Jumat (24/9). Gubernur tetap akan memberikan bantuan Rp1 juta bagi jemaah calon haji (JCH) dan meminta pada musim haji mendatang petugas haji diambil dari yang berpengalaman.

Panitia penyelenggara ibadah haji yang dilantik Gubernur kemarin, berjumlah 23 orang, antara lain yang menjabat ketua PPIH adalah Kakanwil Kemenag Sumsel, Drs H Nadjib Haitami MM, Sekretaris PPIH yaitu Kabid Penyelenggara Haji, zakat dan Wakaf Kanwil Kementerian Agama Sumsel H Udin Djuhan dan lainnya.

Dalam sambutannya, Direktur PPIH dan SIH Kemenag RI, H Junaidi MBA mengatakan, secara keseluruhan jemaah haji Indonesia akan bertolak dari Indonesia pada 12 Oktober mendatang, untuk itu ia berpesan kepada segenap kepanitiaan agar memperhatikan pelayanan terhadap jemaah khususnya masalah kesehatan, karena ibadah haji merupakan ibadah fisik.

Ia menegaskan, setelah dilantik para PPIH Embarkasi-Debarkasi Palembang dapat memerhatikan barang bawaan jemaah yang tidak boleh melanggar aturan berat yaitu paling banyak 32 kg. Lalu untuk pemondokan tahun ini, 63 persen berada di ring 1 Mekkah yang tahun sebelumnya hanya 20 persen, sedangkan di Madinah hampir 100 persen di tempatkan di Markasia dengan fasilitas hotel yang baik dan jarak yang hanya 700 meter. “Untuk ring 1 di Mekah jaraknya hanya 2 km dan ada 30 persen jemaah di ring 2 dengan jarak 4 km, semuanya ada angkutannya nanti,” jelas dia.

Tahun ini sambung dia, jemaah haji Indonesia merupakan jemaah terbesar sepanjang sejarah penyelenggaraan haji yaitu mencapai 221 jemaah haji, sehingga panitia dituntut lebih professional. Ia juga menerangkan, tahun ini waiting list jemaah haji sudah sampai 1 juta orang, sehingga baru dapat berangkat sekitar 4-5 tahun ke depan.
“Tahun ini kita sangat beruntung, terjadi penurunan biaya haji mencapai 80 dollar, pelayanan juga malah ditingkatkan. Untuk itu, kita imbau semua jajaran panitia agar bekerja baik, optimal, transparan dan lebih amanah,” pintanya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin yang juga Koordinator Penyelenggara Ibadah Haji, bertekad Embarkasi-Debarkasi Haji Palembang 2010 menjadi yang terbaik di Indonesia, dan Gubernur menjanjikan tahun ini ia tetap memberikan bantuan bagi jemaah haji asal Sumsel sebesar Rp1 juta per orang. “Setelah saya monitor dan evaluasi, ternyata bantuan ini diakui sangat bermanfaat dan membantu bagi jemaah haji kita,” kata Alex.

Gubernur berpesan, agar jemaah haji dan segenap kepanitiaan memerhatikan masalah kesehatan, karena selama 40 hari dengan iklim berbeda dan bercampur jutaan manusia dalam satu shaf, jemaah haji asal Sumsel rentan terserang penyakit, sehingga harus sehat, bugar dengan melakukan upaya preventif yaitu berolahraga, konsumsi vitamin dan lainnya.

“Bagi panitia yang dilantik, agar bekerja sebaik mungkin untuk menjadikan jemaah haji asal Embarkasi Haji Palembang terlindungi selama menjalankan ibadah, dan benar-benar profesional. Tim kesehatan harus memerhatikan obat-obatan jangan sampai kurang. Ketika sampai maktab panitia juga segera buatkan peta lokasi dan arah agar jemaah terbantu, perhatikan juga masalah paspor jemaah jangan sampai tercecer,” pinta Gubernur.

Pada kesempatan kemarin, Gubernur juga menyampaikan asrama haji Palembang yang akan menambah fasilitas mock up pesawat, ka’bah dan shofa marwah, yang rencananya direalisasikan pada 2011 mendatang. “Untuk kepanitian haji mendatang, agar dipilih yang sudah pernah naik haji dan berpengalaman, jangan mengambil yang belum pernah berhaji meski dengan alasan memberikan penghargaan atau giliran, sehingga penyelenggaraan haji dapat professional,” saran Gubernur.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s