Cegah Banjir, Tanah Venue Atletik Ditinggikan

Posted: 24/09/2010 in Uncategorized
Tags: , , , ,

– Tanah Stadion Atletik Ditinggikan 30 Centimeter

InformasiPagi, Sumsel

PT Prambanan Dwipaka selaku pembangun venue stadion atletik di kawasan Sport City Jakabaring, melakukan antisipasi banjir di kawasan venue atletik dengan meninggikan tanah lahan 30-40 centimeter dari jalan utama lingkungan.

Menurut, Project Manager pembangunan venues kolam atletik dari PT Prambanan Dwipaka, Ir Tedjo Kuntjoro, untuk mengantisipasi kawasan venue kolam atletik terendam banjir, karena di daerah Jakabaring merupakan kawasan rawa dan rawan banjir, pihaknya saat ini tengah melakukan pengurukan tanah atau peninggian tanah di stadion atletik tersebut.

“Untuk tribun kita akan tinggikan sampai 30 cm dari jalan utama lingkungan, dan untuk untuk track lintasan kita akan buat lebih tinggi lagi yaitu mencapai 40 cm,” ungkap Tedjo diwawancara Kamis (23/9) di Jakabaring.

Peninggian tanah dilakukan berdasarkan hasil peninjauan pihaknya, yang mendapati tanah di lokasi stadion atletik merupakan dataran rendah, sehingga memang harus dilakukan peninggian tanah, agar stadion atletik tidak banjir digunakan nanti terlebih saat hujan deras, dan untuk proses pengurukan tersebut, pihaknya menerjunkan puluhan pekerja. “Kalau sudah ditinggikan tanahnya, kita akan lanjut dengan pengerjaan struktur,” jelasnya.

Pengerjaan struktur ini sambung Tedjo, diperkirakan membutuhkan waktu selama tiga bulan, namun pihaknya masih menunggu pengadaan besi yang belum datang, besi yang dibutuhkan tersebut mencapai sekitar 20 ribu ton besi, yang diperkirakan minggu kedua Oktober besi sudah tiba ke lokasi proyek.

“Hingga saat ini, pekerja kita yang bekerja baru sekitar 100 orang, 30 pekerja sudah bekerja 24 jam non stop dan 70 lainnya hanya sampai jam 10 malam saja, dan kita akan datangkan pekerja tambahan pada pertengahan Oktober nanti sebanyak 100 orang pekerja,” katanya.

Tedjo juga menjelaskan, mengenai perkembangan pembangunan venues renang, pihaknya masih menunggu proses desain yang belum final sehingga belum dapat melaksanakan pembangunan dan sedikit tertunda.

Namun, meski proses desain belum selesai, bukan berarti jadwal penyelesaian akan mundur, karena pihaknya akan tetap melaksanakan penyelesaian pembangunan sesuai target yaitu sebelum Juli tahun 2011 mendatang.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s