281 Pendaftar Rumah Murah Diwawancarai

Posted: 21/09/2010 in Uncategorized
Tags: ,

InformasiPagi, Sumsel

Setelah menunggu lama, akhirnya kepanitian rumah murah mewawancarai pendaftar rumah murah sektor formal tipe 36 di Jakabaring, kemarin Senin (20/9) di Auditorium Bina Praja Sumsel. Namun baru 281 pendaftar yang ikut wawancara, karena baru 281 pendaftar yang lulus seleksi tahap awal.
Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Syariah Palembang, Isti Nilawati mengatakan, kemarin pihaknya mulai melakukan tes wawancara kepada 281 pendaftar rumah murah sektor formal yang lulus seleksi verifikasi tahap awal oleh Biro Kesra Provinsi Sumsel beberapa waktu lalu. Tes wawancara tidak hanya dilakukan oleh pihak Bank Sumsel Syariah, namun juga dari Pihak Biro Kesra Provinsi Sumsel dan Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sumsel.
“Berdasarkan surat keputusan dari Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, tes wawancara merupakan tim gabungan yaitu Bank Sumsel Babel Syariah, Biro Kesra dan Dinas Pendidikan,” jelasnya.
Namun kata Isti, bagi pendaftar yang diwawancara kemarin belum tentu akan akad kredit rumah murah, karena harus terlebih dulu lulus tes wawancara, jika tidak lulus akan diganti pendaftar yang lain. MAteri wawancara yang akan antara lain kesanggupan pendaftar untuk membayar kredit rumah murah, masa kerja, kelengkapan berkas dan lainnya.
“Berkas administrasi harus sesuai ketentuan baku teknis, dan gajinya juga 80 persen maksimal potongan, kalau kurang dari 80 persen lebih bagus, tapi kalau potongannya di atas 80 persen tidak bisa, mau makan apa nanti mereka kalau gajinya sudah banyak dipotong,” jelasnya.
Ia menerangkan, hingga pukul 13.00 kemarin, tim wawancara telah mewawancarai tak kurang 201 pendaftar dari 281 pendaftar yang lulus seleksi. “Kita harap dapat satu hari selesai, tapi sepertinya tidak selesai satu hari dan dilanjutkan besok (hari ini-red), karena kita kasih waktu tiga hari yaitu Senin, Selasa dan Rabu,” jelasnya.
Menurutnya, seleksi wawancara untuk memastikan bahwa pendaftar memang tidak memiliki rumah, dan harus menunjukkan blanko surat tidak ada rumah yang ditandangani pejabat setempat yaitu lurah atau pejabat terkait yaitu atasan masing-masing sebagai penjamin. Karena uang muka rumah murah ini disubsidi Menteri Perumahan Rakyat RI, dan blanko itu nanti akan dikirim ke menpera RI, sehingga seleksi harus tepat sasaran.
Jika sudah akad kredit, bagi yang memiliki tabungan di Bank Sumsel Babel baik yang konvesnional atau syariah, maka kredit akan dipotong melalui tabungan, jika memiliki tabungan di luar Bank Sumsel, maka harus menyetor langsung ke Bank Sumsel.
Ia juga menjelaskan, harga jual fisik rumah tipe 36 di Jabakaring tersebut senilai Rp32,5 juta, harga tersebut di luar biaya listrik, PDAM dan Pensertifikatan. Konsumen harus menambah Rp2.620 juta untuk pengurusan tiga fasilitas tersebut. Sementara itu, Kabiro Kesra Provinsi Sumsel, Syahril Zaman mengatakan, akad kredit rumah murah sektor formal memang belum dapat dilakukan, pasalnya kepanitiaan baru mendapatkan 281 pendaftar yang lulus persyaratan, pihaknya juga masih banyak menemui kendala banyaknya pendaftar yang tak memenuhi persyaratan. “Kita mencatat banyak pendaftar rumah murah sektor formal yang tidak lulus persyaratan, baik itu karena faktor umur yang lebih dari 45 tahun, masa kerja yang kurang dari 10 tahun, bahkan sudah ada yang memiliki rumah,” ungkapnya.
Sehingga kata Syahril, Pemprov masih menyeleksi dan memverifikasi pendaftar-pendaftar rumah murah lainnya, jika sudah didapatkan 400 pendaftar yang memenuhi syarat, baru akan memasuki tahapan wawancara, dan jika lulus wawancara baru akan akad kredit dengan Bank Sumsel Syariah. “Kita akan kejar, agar tahun ini akad kredit sudah dapat dilaksanakan,” katanya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s