TDL Naik, Industri Tak Boleh Macet

Posted: 14/07/2010 in Uncategorized
Tags: ,

InformasiPagi, Sumsel

Meski tarif dasar listrik (TDL) sudah naik, pelaku industri diimbau jangan terlalu mendramatisirnya dengan mengancam menghentikan usaha mereka. Pasalnya, penggunaan listrik dinilai tidak terlalu besar pada kegiatan industri.
Wakil Gubernur Sumsel, H Eddy Yusuf mengatakan, banyak masyarakat yang tidak memahami bahwa penggunaan listrik dalam kegiatan sebuah industri usaha atau perusahaan, tidaklah sampai seperempat persen saja. Ia menilai para pelaku industri itu hanya mau menggertak, karena mereka memiliki karyawan.
“Kan tidak semua rangkaian kegiatan perusahaan menggunakan listrik, penggunaan listrik di industri itu tidak sampai seperempat persen dari seluruh kegiatannya, saya tahu persis bagaimana kegiatan dalam sebuah perusahaan itu,” kata Wagub diwawancara di ruang kerjanya, Selasa (13/7).
Pelaku usaha dan perusahaan industri sambung Wagub, sah-sah saja jika akan menaikkan harga produknya, seiring dengan naiknya TDL, namun ia meminta untuk tidak membesar-besarkan masalah kenaikan TDL dengan mengancam untuk menutup dan menghentikan produksinya.
Karena, industri-industri di Sumsel sangat menunjang pertumbuhan ekonomi Sumsel, terlebih industri-industri kecil yang mendorong pergerakan ekonomi kerakyatan. “Kalau biaya produksi atau biaya operasionalnya naik karena naiknya TDL, jelas kompensasinya harga produksi akan naik. Saya rasa dengan pendapat naiknya TDL industri dapat tutup itu tidak akan mungkin, pabrik itu tidak siang malam menggunakan listrik,” kata dia.
Meski ia mengaku, dengan naiknya harga produksi akan mempengaruhi daya beli masyarakat, terlebih industri tersebut yang menyangkut kebutuhan masyarakat seperti industri pakan ternak (pur ayam) atau pakan ikan (pelet), maka akan berpengaruh besar terhadap kelanjutan usaha peternakan.
Pemerintah pusat sambung Wagub, tentu sudah melakukan pengkajian dan analisa sebelum menentukan kebijakan untuk menaikkan TDL ini, yang terpenting sekarang adalah bagaimana mengimbangi kenaikan listrik ini, pasalnya kenaikan TDL diiringi naiknya harga produksi dan juga sembako, akan berdampak signifikan terhadap kehidupan rakyat.
“Itulah yang saya khawatirkan, naiknya TDL akan menaikkan semua harga, disamping harga produksi naik, harga-harga di pasaran naik, tapi penghasilan rakyat tidak naik-naik. Jangan dikira para pedagang kecil di pasar senang kalau harga sembako naik, mereka juga kecewa, karena daya beli masyarakat akan berkurang, sehingga para pedagang ini juga akan berkurang penghasilannya,” ungkap dia.
Kementrian terkait dimintanya harus mulai berpihak kepada masyarakat kecil, dengan menggelontorkan program-program positif dan mengena bagi masyarakat.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s