Pemprov Teliti Dana Hibah IAIN RF

Posted: 19/05/2010 in Uncategorized
Tags: , ,

InformasiPagi, Sumsel

Pemprov Sumsel akan meneliti peruntukan dana hibah sebesar Rp3 Miliar untuk IAIN Raden Fatah (RF), yang beberapa hari belakangan menuai kontra. Seperti diketahui, peruntukan dana hibah tersebut guna perkembangan ruang lingkup status perguruan tinggi, pembangunan sarana dan prasarana serta pengembangan SDM. Kisruh muncul dari mahasiswa dan Komisi V DPRD Sumsel yang meminta transparansi penyaluran dana hibah.
Kepala Biro Keuangan dan Aset Provinsi Sumsel, Laonma PL Tobing menjelaskan, terkait kisruh dana hibah IAIN RF, pihaknya akan meneliti dan memeriksa peruntukan awal dana hibah yang diberikan kepada IAIN RF sebesar Rp3 miliar, untuk mengetahui kegunaan dana hibah yang diberikan tersebut.
Menurutnya, berkas IAIN RF yang akan diperiksa tersebut masih berada di BPK (Badan Pemeriksa Keuangan), sehingga keterangan jelas kegunaan dana tersebut belum didapatkan. Jika memang ada perubahan peruntukan, seharusnya pihak IAIN RF melakukan konfirnasi kepada Pemprov Sumsel, sehingga peruntukan dana jelas dan dapat dipertanggungjjawabkan.
“Kita akan cek dulu peruntukan dana hibah itu, dengan melihat proposal yang diberikan dulu, kalau ada perubahan peruntukan ada baiknya pihak IAIN RF memberitahukan kita,” kata Laonma.
Lebih lanjut kata Laonma, dana hibah IAIN RF tersebut masuk dalam anggaran dana hibah 2009 sebesar Rp6 Miliar, bersamaan dengan dana hibah untuk perguruan tinggi lain seperti Unsri dan lainnya.
Sementara itu, dimintai tanggapannya mengenai dana hibah IAIN RF, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan, pengubahan peruntukan penggunaan anggaran memang selayaknya dikonfirmasikan dan ada koordinasi dengan Pemprov Sumsel, namun Gubernur meminta semua pihak untuk tidak menanggapi negatif masalah ini sebelum memang jelas-jelas terbukti.
“Kita luruskan masalah ini, dan IAIN harus secepatnya melaporkan penggunaan dana hibah tersebut, kalau memang dilaksanakan dengan benar dan ada koordinasi itu tidak masalah, dan kalau dana hibah dibagi-bagi itu baru menyalahi aturan, tapi kita jangan berprasangka buruk dulu menyikapi masalah ini,” pintanya.
Selain itu, disinggung mengenai tanggapannya sebagai Gubernur Sumsel, terhadap penambahan hukuman tiga tahun bagi mantan Gubernur Sumsel Ir H Syahrial Oesman oleh Mahkamah Agung, Alex mengucapkan keprihatinannya. Ia berharap Syahrial Oesman beserta keluarga tetap sabar dan tegar menghadapi masalah yang sedang dihadapi. “Saya dan Pemprov Sumsel turut prihatin dengan keputusan itu, kita harap pak Syahrial dan keluarga dapat bersabar,” katanya dengan nada datar.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s