Pemprov Sumsel Akan Terapkan E-Procurement

Posted: 19/05/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Untuk meminimalisir kecurangan proses tender atau lelang di Provinsi Sumsel, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, mulai mengarahkan penerapan tender dengan sistem e-procurement, yaitu tender melalui online.
Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin kepada para wartawan Jumat (23/4) mengatakan, ia berencana menerapkan menggunakan e-procurement atau tender sistem online di Provinsi Sumsel, namun untuk mewujudkan itu, banyak yang perlu disiapkan. “Kita memang sedang mengarah ke sana, tapi infrastrukturnya haruslah mendukung secara maksimal,” katanya.
Infrastruktur yang dimaksudnya, mulai dari Information and Technology (IT), telekomunikasi yang kesemuanya harus menjangkau ke seluruh kabupaten/kota di Sumsel dan lainnya. Karena penerapan e-procurement juga harus didukung kabupaten/kota, jika tidak penerapan tender/lelang sistem online ini tidak akan berjalan mulus.
“Infrastrukturnya harus siap di seluruh kabupaten/kota di Sumsel, kalau infrastrukturnya belum siap, nanti program ini malah akan menjadi macet, mudah-mudahan tahun depan kita sudah menerapkannya,” kata Alex optimis.
Lebih lanjut dijelaskannya, tender online atau e-Procurement ini, yaitu pola pengadaan barang/jasa yang dilakukan pemerintah dilakukan secara elektronik berbasis web/internet dengan memanfaatkan fasilitas teknologi komunikasi dan informasi, yang meliputi pelelangan umum secara elektronik dan lainnya.
Diharapkannya, setelah diterapkan e-procurement, kecurangan-kecurangan yang sering terjadi di kegiatan tender/lelang dapat diminimalisir, pada akhirnya mempersempit kesempatan terjadinya korupsi.
Disinggung mengenai, indikasi kecurangan tender di Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Provinsi Sumsel, dimana beberapa peserta tender mengeluhkan panitia yang tidak mengantungi sertifikasi Bapenas, dan juga memenangkan peserta tender yang tidak memenuhi persyaratan, serta menggugurkan peserta tender yang memenuhi persyaratan. Gubernur mengatakan, untuk masalah teknis tender tersebut, Gubernur tidak dapat ikut campur.
“Sepengetahuan saya, dalam satu tender, tidak harus penawaran terendah dimenangkan, tapi jika ada penawaran yang paling menguntungkan jangka panjang bagi Negara, dan tawarannya masuk akal juga dapat dimenangkan. Karena ada tawaran yang rendah tapi asal dapat saja malah dapat merugikan dan bermasalah, tapi untuk lebih jelas silahkan tanya saja ke SKPD bersangkutan,” pintanya. agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s