Bahasa Palembang Masuk Muatan Lokal Sekolah

Posted: 19/05/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Bahasa untuk mempererat persatuan dan nasionalisme kedaerahan, untuk itu Pemprov Sumsel merencanakan Bahasa Palembang, masuk ke dalam muatan lokal di sekolah-sekolah. Agar bahasa Palembang tidak hilang dan tetap terjaga.
Hal ini diungkapkan Asisten III Bidang Kesejahteraan Rakyat, Dr Aidit Aziz usai melakukan pertemuan dengan pengurus Balai Pustaka Provinsi Sumsel di ruang kerjanya Jumat (23/4). Menurutnya, Bahasa Palembang dapat diterima dan dimengerti seluruh masyarakat di Sumsel, dan bisa menjadi bahasa persatuan atau bahasa pokok bagi masyarakat Sumsel.
“Syukur, di Sumsel kita tidak menemukan sulitnya berkomunikasi dengan masyarakat di kabupaten/kota, meskipun berbeda bahasa di masing-masing daerah, ketika kita berkomunikasi menggunakan Bahasa Palembang seluruh warga di Sumsel dapat mengerti,” kata Aidit.
Menurutnya, kondisi tersebut berbeda dengan di Aceh, warga dari satu kabupaten A tidak dapat berkomunikasi dengan warga di kabupaten B, karena bahasa mereka berbeda, bahkan jika Gubernur mereka ke suatu daerah harus didampingi penerjemah.
Untuk itulah, agar Bahasa Palembang tidak tergerus kemajuan zaman, dan bercampur dengan bahasa-bahasa lain, Bahasa Palembang ini akan dilestarikan, salah satunya Pemprov berencana memasukkan Bahasa Palembang ke dalam muatan lokal di sekolah-sekolah. “Bahasa Palembang ini bisa saja dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah,” katanya.
Realisasinya kata Aidit, masih memerlukan proses, salah satunya terlebih dulu dilakukan pembahasan pada acara seminar internasional bahasa dan sastra yang akan diadakan 1-2 Juni 2010 mendatang di Sanjaya Hotel Palembang.
Mengenai seminar internasional itu sendiri, kata Aidit, diselenggarakan oleh Balai Pustaka Provinsi Sumsel, bertema lokalitas berkonteks global dalam wacana multikultural. Seminar akan dihadiri sekitar 300 orang, dengan pembicaranya Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, perwakilan dari Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dari Unsri, Universitas Sriwijaya dan lainnya
“Seminar itu nanti akan banyak berbicara dan membahas mengenai bahasa, budaya dan sastra, yang berhubungan dengan kepentingan daerah dan nasional. Pemprov Sumsel menyambut baik seminar ini, mudah-mudahan dari hasil pembahasan pada kegiatan ini nanti, Bahasa Palembang dapat dimasukkan ke dalam muatan lokal,” pungkasnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s