Sekda Lantik 160 Pejabat Eselon

Posted: 17/05/2010 in Uncategorized
Tags: ,

InformasiPagi, Sumsel

Pemprov Sumsel kembali melakukan perombakan struktur, kemarin Kamis (22/4) di Graha Bina Praja Sumsel. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel, Drs H Musyrif Suwardi HN MM, melantik 164 pejabat eselon. Salah satu Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan, Ir H Dharna Dahlan MM dicopot dari jabatannya, karena terkait masalah hukum.
Acara pelantkan berlangsung sekitar satu jam, 164 pejabat yang dilantik kemarin terdiri dari 4 pejabat eselon II, 42 pejabat eselon III dan 118 pejabat eselon IV. Beberapa dinas yang terjadi perombakan antara lain Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Kebudayaan Pariwisata, Dinas Kelautan Perikanan dan lainnya.
Empat pejabat eselon II terlantik kemarin, yaitu pertama, Drs H Rusli Nawi diposisikan sebagai Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan, menggantikan posisi Ir H Dharna Dahlan MM yang dicopot dari jabatannya. Sebelumnya Rusli Nawi menjabat Kaban Kesbangpol Linmas Provinsi Sumsel, dan jabatan Kaban Kesbangpol Linmas Provinsi Sumsel sendiri, diposisikan sementara kepada Ikhwanuddin SSos MSi.
Ketiga, pejabat eselon II yang dilantik yaitu Susna Sudarti SE MM, menjadi Biro Umum dan Perlengkapan Provinsi Sumsel, yang sebelumnya Biro Aset dan Perlengkapan Provinsi Sumsel. Keempat, pejabat eselon II yang dilantik yaitu Laonma Pasindak LBN Tobing SE, menjadi Kepala Biro Keuangan dan Aset Provinsi Sumsel, yang sebelumnya hanya Kepala Biro Keuangan Provinsi Sumsel. Pada sesi acara serah terima jabatan Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan Provinsi Sumsel, antara Rusli Nawi dengan Ir Dharna Dahlan MM, tidak dihadiri Dharna Dahlan.
Dalam arahannya, Sekda Provinsi Sumsel, Drs H Musyrif Suwardi HN MM, mengatakan, pergantian posisi dan mutasi di dalam organisasi merupakan hal biasa, untuk mengisi kekosongan dan untuk kepentingan organisasi. Pejabat terlantik diminta dapat bertanggung jawab atas jabatannya karena merupakan amanah. “Saya juga ingin ingatkan, sebagai PNS kita sebagai pelayan masyarakat, bukan minta dilayani masyarakat,” jelasnya.
Karena menurut Sekda, hingga kini masih ada oknum PNS menghambat pekerjaan pelayanan masyarakat, karena tidak ada embel-embelnya. “Prinsip kita memberi pelayanan bukan mau dilayani, pelayanan dasar masyarakat seperti raskin, jamkesmas, pupuk dan lainnya harus dilaksanakan dengan baik,” pintanya.
Sekda juga meminta, ke depan semua pejabat Pemprov Sumsel dapat bekerja maksimal dan serius, karena agenda-agenda besar cukup banyak salah satunya Sea Games XXVI di Sumsel, yang perlu dukungan semua pihak. “Selamat menjalankan tugas bagi yang dilantik, bagi yang belum mendapatkan jabatan agar dapat bersabar,” ujarnya.
Disinggung mengenai pencopotan Dharna Dahlan dari Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan, usai acara Sekda menjelaskan, Dharna Dahlan terkait masalah hukum, sehingga atas pertimbangan tersebut, diberhentikan dari jabatannya. “Karena terkait masalah hukum, beliau otomatis tidak dapat full lagi melakukan aktifitas di Pemprov Sumsel, sehingga diberhentikan, tapi status PNS-nya masih dan hanya menjadi staf biasa,” jelas Sekda.
Mengenai ada PLT Dinas Peternakan Sumsel, Ir Asrillazi Rasyid yang sudah dua tahun belum dilantik, menurut Sekda masih menunggu petunjuk Gubernur, dan akan melihat perkembangan ke depan. Begitu juga dengan jabatan yang kosong, seperti Kabiro Humas dan Protokol, masih dipertimbangkan mulai dari pengalaman, pangkat, kemampuan, dan lainnya. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat ada pelantikan, itu tergantung kebijakan Gubernur,” katanya.
Sementara itu, PLT Kepala Dinas Peternakan Sumsel, Ir Asrillazi Rasyid, mengatakan, pelantikan dirinya tergantung Gubernur Sumsel, ia mengaku, akan tetap menjalankan tugas semaksimal mungkin meski menjadi PLT selama dua tahun, salah satunya menelurkan program integrasi sapi dan sawit yang menjadi percontohan nasional. Menurutnya, ia telah menyiapkan gebrakan-gebrakan program baru ke depan seandainya dilantik, jika tidak dilantik beberapa hari ini, ia tetap berlapang dada, karena dalam beberapa hari lagi ia memasuki masa pensiun.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s