Jalur Darat Rawan Masuk Tenaga Kerja Asing Ilegal

Posted: 17/05/2010 in Uncategorized
Tags: , ,

InformasiPagi, Sumsel

Pengawasan dan pemantauan masuknya tenaga kerja (tenaker) asing tanpa izin/ilegal ke Sumsel, terkesan hanya ketat lewat di bandara saja, padahal potensi tenaker asing masuk lewat jalur darat sangat besar. Sehingga baru-baru ini lebih dari 100 tenaker asing mayoritas asal China dideportasi ke negara asalnya.
Demikian diungkapkan Kaban Kesbangpol Linmas Provinsi Sumsel, Drs H Rusli Nawi SDP MSi, di ruang kerjanya Kamis (22/4). Berdasarkan pemantauan pihaknya, ada ribuan tenaker asing di Sumsel, pada umumnya tenaker asing ilegal masuk ke Sumsel dipekerjakan untuk perusahaan perkebunan, kayu, PLTU dan lainnya. Seperti di Tanjung Enim yang mencapai 1.000 lebih tenaker asing, mayoritas berasal dari China, yang dipekerjakan pada proyek PLTU. “Ada sekitar 100 tenaker asing yang tidak memiliki izin, sehingga harus dideportasi ke negara asalnya,” ungkap Rusli diwawancara sebelum acara sertijab Kaban Kesbangpol Linmas Sumsel.
Masuknya tenaker asing ilegal ke Sumsel, menurut Rusli dapat merugikan Sumsel itu sendiri, karena jika tidak terdata tenaker asing tersebut dapat berbuat hal tidak diinginkan, seperti menghasut, memecah persatuan bangsa, atau ada misi intelejen. Sehingga pendataan tenaker asing sangat diperlukan, jika ditemukan yang tidak memiliki izin maka akan dideportasi.
“Kalau tenaker asing ilegal masuk Sumsel, tentu akan memperkecil kesempatan bagi tenaker asal Sumsel untuk mendapatkan pekerjaan,” katanya.
Ia mengatakan, pengawasan oleh pihak terkait terhadap tenaker asing yang akan masuk Sumsel diharapkannya lebih diperketat dan diperluas, karena selama ini pengawasan terkesan ketat di bandara saja. Sementara tenaker asing ilegal, berpotensi masuk secara leluasa melalui jalur darat, seperti melalui Bengkulu, Padang, Jambi dan Lampung, meski diakuinya pemantauan jalur darat sulit dilakukan.
“Kita akan bekerjasama pihak terkait seperti imigrasi, kepolisian dan lainnya, untuk menyelidiki pihak ketiga yang sengaja memasukkan tenaker asing ilegal itu, karena mereka dapat diberikan sanksi pidana. Kita, Kesbangpol Linmas Sumsel ini fungsinya juga akan berjalan jika ada indikasi pemecahan kesatuan bangsa,” ujarnya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s