BAZ Terima Dana Penertiban Kotak Amal dari Dinsos

Posted: 17/05/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sumsel pada 2009 lalu, melakukan penertiban kotak amal tak berizin yang dijadikan modus penipuan. Untuk sementara Dinsos telah mengumpulkan 650 kotak amal tersebut, dan kemarin Kamis (22/4) Dinsos menyerahkan dana hasil penertiban sebesar Rp8 juta kepada Badan Amil Zakat (BAZ) Sumsel.
Demikian terungkap saat Dinsos Sumsel menyerahkan dana penertiban di Kantor BAZ Sumsel di Jalan Arivai. Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumsel, Hj Ratnawati melalui Kabid Bantuan dan Jaminan Sosial, Drs H Ms Sumarwan MM menjelaskan, setelah berhasil mengungkap indikasi penipuan bermodus kotak amal dan menangkap pelaku penipuan sejak beberapa bulan lalu. Untuk sementara pihaknya mampu mengumpulkan 650 kotak amal dari 1.650 jumlah kotak amal secara keseluruhan yang diakui pelaku. 650 kotak amal tersebut, 500 kotak amal kaleng dan 150 kotak amal kaca,
Kotak-kotak amal tersebut sebelumnya tersebar di Rumah Makan, masjid-masjid, PO (Perusahaan Otobus) dan tempat umum lain, dengan mengatasnamakan dua yayasan sosial seperti Yayasan Mustika dan Yayasan Kasih Ibu.
“Dana yang terkumpul dari kotak-kotak amal tersebut mencapai Rp9 juta, sebesar Rp8 juta kita serahkan kepada BAZ Sumsel untuk disalurkan kepada mustahik yang membutuhkan, dan sebesar Rp1 juta kita berikan kepada yayasan yang namanya telah dicemarkan,” kata Marwan.
Dijelaskan Marwan, berdasarkan pengakuan pelaku, dalam satu bulan pelaku mampu mengantongi uang berkisar Rp10 juta hingga Rp15 juta dari 1.650 kotak amal yang disebar, namun hingga kini pelaku baru menyerahkan 650 kotak amal, sisanya diserahkan bertahap di bawah pengawasan Dinsos.
“Sebaran kotak amal pelaku tidak hanya di Palembang, melainkan ke kabupaten-kota di Sumsel seperti Bayung Lencir, Sungai Lilin hingga Inderalaya dan lainnya. Kotak-kotal amal itu terpaksa ditertibkan dan disita karena tidak memiliki izin,” jelasnya.
Sementara itu, menanggapi penyerahan dana penertiban kotak amal, Sekretaris Umum BAZ Sumsel Drs HM Teguh Shobri menyambut baik, BAZ Sumsel dipercayakan mengelola dana infaq dari Dinsos, BAZ akan menyalurkan kepada yang membutuhkan, salah satunya disalurkan ke 12 desa binaan BAZ Sumsel.
Teguh mengatakan, pihaknya juga berencana menyebarkan kotak-kotak amal, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berinfaq, dan dananya digunakan untuk kemaslahatan umat, namun penyebaran kotak amal tersebut akan tetap mengikuti aturan yang berlaku khususnya izin dari Dinsos.
Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Sumsel, Hj Ratnawati menegaskan, modus penipuan kotak amal tanpa izin ini sama dengan karena mengambil uang masyarakat, dan berpotensi besar disalahgunakan. Pihaknya mengimbau masyarakat agar jeli saat menyumbangkan uang ke kotak amal. “Apakah sudah mendapatkan izin dari Dinsos, bagi rumah makan juga harus berhati-hati menerima kotak amal, jika tidak memiliki izin jangan diterima,” tegas Ratna.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s