Pelayanan Publik Masih Perlu Diperbaiki

Posted: 22/04/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

– Pengurusan KTP Jangan Melalui Calo

InformasiPagi, Sumsel

Pelayanan publik masih perlu diperbaiki, khususnya pelayanan publik pengurusan KTP (kartu tanda penduduk), yang hingga kini masih dinilai lamban. Pemprov Sumsel melalui Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol Linmas) Provinsi Sumsel meminta masyarakat tidak mengurus KTP melalui calo.
Kepala Badan Kesbangpol Linmas Provinsi Sumsel, Rusli Nawi mengatakan, pelayanan publik itu, mulai dari tingkatan RT (rukun tetangga) hingga ke tingkat provinsi. Jenis pelayanan publik tersebut juga bermacam, salah satunya pelayanan pengurusan KTP yang hingga kini dinilainya masih belum maksimal.
“Pelayanan KTP sekarang masih lamban, kalau kita mengurus bisa sampai tiga bulan, sistem seperti inilah yang perlu diperbaiki ke depan. Karena, pelayanan publik untuk KTP ini sangat penting. Tapi, kalau untuk pelayanan SIM (surat izin mengemudi) sekarang sudah lebih baik,” ungkap Rusli, dalam sambutannya, di acara seminar pengembangan partisipasi warga untuk pemenuhan hak atas pelayanan publik yang lebih baik, di Hotel Carissima Jalan Kapten Anwar Sastro Rabu (21/4).
Rusli menjelaskan, pelayanan publik ini menjadi penting, karena berdampak terhadap perekonomian dan juga sosial kemasyarakatan. Menurutnya, pelayanan publik yang tidak maksimal, dapat mempengaruhi percepatan pembangunan. “Karena, masyarakat tidak akan peduli kepada kebijakan publik, jika perut mereka lapar, sebaliknya, jika sandang pangan mereka tercukupi, maka kebijakan-kebijakan publik dapat berjalan maksimal,” katanya.
Usai acara Rusli menambahkan, terkadang proses pengurusan KTP terhambat karena keterbatasan personil juga keterbatasan perangkat di Dinas Catatan Sipil. SDM dan perangkat yang ada, tidak sebanding untuk melayani ratusan ribu masyarakat Palembang yang ingin mengurus KTP. Untuk itu, penambahan personil serta perangkat perlu diperhatikan.
Disinggung mengengai, pengurusan KTP yang terkesan lama hingga tiga bulan, Rusli tidak menyalahkan pemerintah seluruhnya, karena menurutnya, pemerintah sudah melakukan yang terbaik untuk pelayanan publik, namun terkadang sering terkendala beberapa faktor.
Pengurusan lama juga diakibatkan masyarakat yang menggunakan jasa calo. “Masyarakat ini banyak menyuruh orang lain untuk mengurus KTP, yang diminta mengurus KTP itu biasanya menunggu banyak dulu baru dikerjakan, tapi kalau masyarakat mengurus sendiri tidak akan terlalu lama, maka kita anjurkan masyarakat untuk mengurus KTP sendiri dan tidak melalui calo,” pintanya.
Sementara itu, Ketua Penyelenggara Seminar, Kum Roni mengatakan, seminar diikuti perwakilan masyarakat, mahasiswa, LSM dan lainnya, seminar bertujuan agar masyarakat dapat menjadi subjek pembangunan tidak selalu menjadi objek pembangunan.
“Kita ingin mencoba membangkitkan partisipasi warga dalam mengkritisi kebijakan publik, dan memberikan input bagi kebijakan tersebut, karena kebijakan itu pada akhirnya akan kembali kepada masyarakat,” kata Penasehat Yayasan Inovasi ini.
Disinggung mengenai pelayanan KTP, Kum Roni menilai memang perlu ada penyempurnaan, baik dari sistem pengurusan, juga biaya administrasi yang murah. “Pemerintah sudah melayani dengan baik, tapi memang, masyarakat memerlukan pengurusan KTP yang cepat dengan biaya murah,” pinta dia..agustian pratama

Advertisements
Comments
  1. nurrahman18 says:

    slogan “klo bisa dipersulit, knapa harus dipermudah” masih melekat di pelayanan publik menurut saya

  2. heheh mas nurrahman tau aja, tapi memang kenyataannya seperti itu, pelayanan publik itu lebih mudah jika ada DUA “SI yaitu relaSI dan komiSI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s