Rapat Bahasa Inggris Pemprov Sumsel Jalan Ditempat

Posted: 19/04/2010 in Uncategorized
Tags: , ,

InformasiPagi, Sumsel

Rapat staf menggunakan Bahasa Inggris yang diterapkan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, telah berjalan hingga bulan ke empat. Gubernur menilai, rapat Bahasa Inggris masih jalan ditempat.
Hal ini diungkapkan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, usai melakukan rapat staf tertutup berbahasa Inggris di Ruang Rapat Bina Praja Sumsel kemarin Selasa (13/4). Berdasarkan pemantauannya saat memimpin rapat staf berbahasa Inggris kemarin, terlihat beberapa pejabat masih belum menguasai Bahasa Inggris secara baik. “Rapat berbahasa Inggris masih jalan ditempat,” ungkap Gubernur kecewa.
Dengan kondisi ini, Gubernur akan melakukan upaya keras, dengan mendorong para pejabat untuk kembali belajar Bahasa Inggris baik melalui kursus atau lainnya. Para pejabat Pemprov Sumsel juga dapat memanfaatkan Staf Khusus Gubernur Bidang Pendidikan yang disiapkan Pemprov Sumsel, untuk meningkatkan kualitas berbahasa Inggris mereka. “Para pejabat ini, harus di push (didorong-red) lebih keras lagi kepada jika tidak maka rapat berbahasa Inggris ini akan menjadi hangat-hangat tahi ayam,” katanya.
Gubernur meminta, agar para pejabat Pemprov Sumsel giat berlatih Bahasa Inggris sejak dari sekarang, pasalnya Sumsel akan menjadi tuan rumah Sea Games pada 2011 mendatang, sehingga dapat menjelaskan potensi Sumsel saat ditanya oleh duta besar atau tamu-tamu asing yang datang.
Diwawancara terpisah, Staf Khusus Gubernur Bidang Pendidikan, Prof. Chuzaimah Dahlan Diem, MLS, Ed. D, mengatakan, ia tetap berusaha maksimal memberikan pelatihan kepada para pejabat Pemprov Sumsel. Menurutnya, banyak faktor yang menjadi kendala para pejabat belum menguasai Bahasa Inggris, baik kurangnya latihan, jadwal yang padat dan lainnya. “Waktulah, yang menjadi kendala para pejabat untuk belajar Bahasa Inggris, jadwal mereka cukup padat, sehingga sulit menyediakan waktu belajar,” katanya.
Selain itu, kendala paling dasar para pejabat Pemprov Sumsel kurang mampu menguasai Bahasa Inggris, adalah minimnya kemampuan dasar Bahasa Inggris, sehingga susah menyerap pelajaran yang diberikan. “Para pejabat Pemprov, saya sarankan untuk banyak membaca literatur berbahasa Inggris, dan yang pasti teruslah berlatih berbahasa Inggris, karena tidak ada cara lain, dengan berlatih mereka dapat meningkatkan kemampuan dan percaya diri mereka,” saran Guru Besar bidang pendidikan dari Universitas Sriwijaya ini.
Sebaliknya, meski banyak yang belum menguasai Bahasa Inggris, Chuzaima mengaku, ada juga beberapa pejabat yang kemampuan berbahasa Inggrisnya meningkat, karena rajin berlatih dan mengikuti kursus Bahasa Inggris di Pemprov Sumsel yang dibimbingnya.
“Banyak juga pejabat Pemprov Sumsel, yang sudah bagus Bahasa Inggrisnya, seperti pak Asisten I Bidang Pemerintahan Provinsi Sumsel, H Mukti Sulaiman, pak Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sumsel, Toni Panggarbesi, pejabat inspektorat, Luki dan lainnya,” ungkapnya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s