Pemprov Sumsel Kembangkan Gas Kota

Posted: 12/04/2010 in Uncategorized
Tags: , ,

InformasiPagi, Sumsel

Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) RI, telah meresmikan penyaluran gas rumah tangga/city gas untuk kota Palembang beberapa waktu lalu. Ke depan Gubernur Sumsel, akan mengembangkan city gas di Muara Enim dan Prabumulih. Selain itu, Gubernur juga meresmikan Gubernur Resmikan Unit Usaha PDPDE Grup.
Hal ini terungkap dalam acara peresmian dan pengoperasian unit-unit usaha di lingkungan PDPDE Grup (SPBE, SPBU dan SPBG) di Sungai Rambutan, Indralaya Utara, Ogan Ilir Kamis (8/4) kemarin.
Dalam sambutannya, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan, beberapa hari lalu Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral telah meresmikan dan menyerahkan penyaluran gas rumah tangga atau City gas untuk masyarakat Kota Palembang, yang anggaran proyeknya dibiayai dana APBN 2010. “Saat ini di Kota Palembang ada dua pengelola gas kota yaitu PT PGN, yang telah berjalan sejak 1998 dan BUMD Palembang (SP2J) sebagai proyek hibah dari pemerintah yang baru diresmikan,” katanya.
Ke depan kata Alex, Pemprov Sumsel akan meningkatkan program pengembangan gas kota, yang rencananya pada tahun mendatang gas kota akan dikembangkan dan akan dialokasikan untuk Kota Prabumulih dan Kabupaten Muara Enim. “Mudah-mudahan, rencana pemerintah dalam memperluas akses masyarakat dalam hal menikmati bahan bakar gas sebagai pengganti minyak tanah dapat berjalan lancar,” harapnya.
Dalam kesempatan kemarin, Gubernur juga menyinggung, potensi gas bumi Sumsel cukup besar, yang terdapat sekitar 24 Triliun kaki kubik (TSCF), dan sebagian besar disalurkan ke luar provinsi seperti Riau, Batam, Singapura dan Pulau Jawa. Namun ia menyayangkan, dengan kondisi itu, PT Pusri yang ada di Sumsel sendiri masih bingung mempertahankan kelanjutan industrinya karena belum ada jaminan pasokan gas, karena harga gas yang tidak cocok dari Pertamina dan Medco, dan bukan karena alas an ketersediaan gasnya.
Mengenai acara peresmian sendiri, ia mengatakan, peresmian kegiatan bisnis PDPDE Group telah dirintis sejak 2009, yaitu pilot plant bahan bakar gas untuk kendaraan bermotor, melalui stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG), niaga bahan bakar minyak melalui pembangunan SPBU berlokasi di Jalan Demang Lebar Daun dan LPG Filling station / stasiun pengisian bulk elpiji (SPBE) di simpang way (Y).
“Ada beberapa catatan yang harus diperhatikan PDPDE Grup. Untuk SPBU berlokasi Demang Lebar Daun, agar terus melakukan efisiensi dalam pengoperasiannya, meningkatkan mutu pelayanan. Meski, omzet saat ini sudah baik dari 30 ton menjadi 60 ton BBM per hari, dan bisa segera mencapai break event point dari modal yang diinvestasikan untuk membangun SPBU itu sendiri, ” kata dia.
Untuk SPBG Demang Lebar Daun, Gubernur meminta agar terus mengembangkan dan menyosialisasikan pemanfaatan BBG bagi kendaraan agar dapat memberikan profit kepada perusahaan, serta dapat dikembangkan ke kota lainnya seperti Indralaya, Prabumulih karena letaknya strategis dan merupakan jalur lalulintas ekonomi. “Alangkah baiknya juga, jika subsidi BBM sebagian dapat dialihkan ke pengembanan BBG transportasi, agar persediaan cadangan BBM nasional bisa bertahan lama,” saran Gubernur.
Lebih lanjut dikatakannya, masyarakat Sumsel tidak akan mengalami kelangkaan elpiji, karena produksi SPBE di simpang Way (Y), di area SPBE PT Pirantinusa Energi Persada, memiliki kapasitas pengisian sampai dengan 100 ton/hari, atau bisa mengisi 33.000 tabung elpiji 3 kilogram per harinya. Sehingga, dapat memenuhi kebutuhan wilayah Palembang dan beberapa kabupaten di sekitarnya.
“Sumber bahan baku elpiji saat ini diperoleh dari PT Pertamina Plaju, dan diharapkan nanti dapat diperoleh dari PT Surya Esa Perkasa (PT. SEP) yang letaknya bersebelahan, sehingga biaya pengangkutan dapat dihemat, jumlah produksi elpiji PT SEP juga dapat diserap SPBE sehingga akan lebih profitable,” kata Gubernur.
Kepada jajaran Direksi PT Pirantinusa Energi Persada, Alex berpesan, agar menjaga semua aset dengan baik, bekerja penuh dedikasi sehingga dapat memberikan kontribusi optimal, baik untuk perusahaan atau peningkatan PAD Sumsel.
Acara peresmian kemarin, dihadiri Dirut Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PD PDE), Caca Isa Saleh, Muspida Sumsel seperti Wakil Ketua DPRD Sumsel, Drs H Jauhari MM, Pengkaji Kejati, Hotma SH, Bupati Ogan Ilir, Bupati Muara Enim, Sekda Palembang, Drs H Husni Thamrin MM, Direktur PT Pirantinusa Energi Persada, Dedi Nugraha, Direktur PT PDPDE Hilir, Nasir Alamlah, Direktur PT CNG Hilir Raya, Andi Rachman. Disela acara dilakukan peresmian SPBE PT PEP, SPBU PT PDPDE Hilir dan SPBG PT CNG Hilir Raya oleh Gubernur Sumsel.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s