Konjen Amerika Batal Buka Kantor di Sumsel

Posted: 12/04/2010 in Uncategorized
Tags: ,

InformasiPagi, Sumsel

Wacana pembukaan kantor konsulat jenderal (Konjen) Amerika Serikat di Sumsel, yang dulu sempat didemo dan ditolak berbagai organisasi, akhirnya dibatalkan karena beberapa alasan.
Demikian diungkapkan Konjen Amerika Serikat untuk Sumatera, Stanley Harsha, usai melakukan pertemuan dengan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin di Kantor Gubernur Sumsel kemarin Rabu (7/4). Menurut Stanley, ia sering berkunjung ke Sumsel, namun ia sebagai Konjen Amerika untuk Sumatera, baru pertama kali melakukan pertemuan dengan Pemerintah Sumsel. “ Sumsel terkenal sebagai Provinsi yang paling maju di seluruh Indonesia, baik untuk infrastrukturnya, perencanaan pembangunan, juga dikenal memiliki pemerintahan yang bagus dan Gubernur yang baik,” kata dia.
Ditanya mengenai rencana pembangunan Kantor Konjen Amerika di Sumsel, yang dulu sempat merebak, Stanley mengaku, setelah dipertimbangkan, Pemerintah Amerika membatalkan membuat kantor di Sumsel dengan beberapa alasan. “Pembuatan kantor mungkin tidak ada, karena agak terbatas, jika kita punya konsulat untuk kedutaan besar di Sumsel, kantor konsulat mungkin akan terus ditempatkan di Medan, kan Medan juga lebih dekat dengan Sumsel dan Jakarta,” ungkapnya.
Disinggung mengenai pertemuannya dengan Gubernur Sumsel, ia menjelaskan, ada pembicaraan kerjasama antara Amerika dan Sumsel, Amerika diakuinya berminat menanamkan investasi di Sumsel, bahkan Sumsel juga mendapat untung dari penanaman investasi Amerika. Ia menilai, Sumsel salah satu tempat yang bersih, tertib, sehingga besar kemungkinan diadakannya kerjasama baik dibidang industri, perkebunan, transportasi, bidang pariwisata, pendidikan.
“Ada banyak hal yang sangat maju di sini, seperti dibidang pupuk, energi, kereta api, pelabuhan, olahraga, termasuk investasi untuk Sea Games 2011 dan lainnya, ada banyak yang dapat dikembangkan di sini,” katanya.
Kerjasama konkrit untuk Sea Games, ia belum dapat menjelaskan detail, pasalnya ia baru mendapatlan sedikit orientasi tentang Sea Games. “Saya lihat Sumsel memiliki fasilitas olahraga yang bagus dan terlengkap di Indonesia dan mungkin saja di Asia, bahkan saya berharap setelah Sea Games, Sumsel juga dapat menggelar kegiatan olimpic,” jelas dia.
Khusus dibidang pendidikan, pihaknya ingin lebih mempererat hubungan Sumsel dan Amerika dengan memperbanyak guru dan pemuda yang belajar ke Amerika. Namun, jauh sebelumnya, Sumsel diakuinya pernah melakukan kerjasama dengan Amerika dibidang ekonomi dan diplomatik. “Tapi, masih banyak yang perlu dikerjasamakan lagi, terlebih kita bisa menarik investasi seperti pariwisata dan lainnya,” jelas dia.
Terakhir ia mengatakan, kedatangan Presiden Amerika Serikat, Obama pada Juni mendatang, diharapkannya menjadi langkah yang baik untuk meningkatakan hubungan kerjasama antara Amerika dan Indonesia khususnya Amerika dengan Sumsel. “Agenda Presiden Obama adalah kemitraan komprehensif, akan ada kerjasama dibidang ilmu pengetahuan, kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup, perdagangan dan lainnya,” pungkas Stanley yang sudah bekerja di Indonesia sejak tahun 1986 ini. agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s