Kerajinan Sumsel, Laris Manis di Belanda

Posted: 12/04/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Kerajinan asal Sumsel di pasar malam di Den Haag Negara Belanda laris manis, salah satunya kain Jumputan. Pemprov Sumsel, tak membawa sisa produk yang dijual ke Belanda.
Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumsel, Johnson Sabtu (10/4). Antusias masyarakat Belanda dengan stan Sumsel dan stan provinsi lain di pasar malam Den Haag Belanda sangat bagus, mereka ingin mengetahui kuliner, pakaian, tekstil dan komoditi perdagangan dari Indonesia khususnya dari Sumsel.
“Kain kerajinan tangan asli Palembang mendapatkan tanggapan sangat baik salah satunya kain jumputan, tapi produk lainnya seperti songket, dan juga kuliner seperti tekwan, pempek juga banyak disukai. Semua produk asal Sumsel yang dijual UKM kita di pasar malam Belanda Sold Out (terjual habis-red),” ungkapnya sumringah.
Lebih lanjut dijelaskannya, pasar malam Indonesia di Den Haag, diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Belanda, yang niatnya untuk menampilkan tourism, trade, invesment and promotion dari Indonesia.
“Saat kita mempresentasi potensi investasi di forum bisnis, para pengusaha Belanda menyambut positif peluang investasi di Sumsel, baik di bidang energi, pariwisata dan perdagangan. Apa yang menjadi pertanyaan mereka dapat dijawab dengan baik oleh kita,” katanya.
Menurut Johnson, tindak lanjut dari presentasi dengan para pengusaha Belanda tersebut, diharapkan dalam waktu dekat ada respon positif sehingga kerjasama investasi dengan Belanda dapat terwujud. “Mereka banyak tertarik dengan investasi batubara, gas, bio energi, tanjung api-api dan lainnya,” jelas dia.
Terakhir ia menerangkan, Wakil Sumsel yang menghadiri pasar malam dan forum bisnis di Belanda antara lain, Gubernur Sumsel, staf ahli Gubernur, para Kepala Dinas, Bupati Muba, Bupati Ogan Komering Ilir, Walikota Prabumulih, Walikota Lubuk Linggau.
Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Pariwisata Sumsel, H Eppy Mirza mengatakan, intinya Pemprov Sumsel telah menampilkan potensi Sumsel di pasar malam di Belanda, dengan antusias yang baik, ia sangat optimis kegiatan ini akan meningkatkan jumlah ekspor komoditi Sumsel ke Belanda, karena 1,7 juta penduduk Belanda masih memiliki hubungan emosional dengan Indonesia. “Mereka mengaku ingin bernostalgia dengan produk khas Indonesia, dan siap melakukan kerjasama dengan Indonesia. Untuk Sumsel sendiri saya optimis akan menaikkan angka ekspor komoditi setelah pasar malam ini,” katanya.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s