BMPS Perjuangkan Insentif Honorer Swasta

Posted: 12/04/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Pusat, tengah memperjuangkan insentif setiap bulan bagi guru honorer swasta khususnya di Sumsel. Selain itu, BPMS juga menyerahkan piagam penghargaan Ing Ngarso Sung Tulodo kepada Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, karena dinilai perhatian dan peduli terhadap dunia pendidikan khususnya di Sumsel.
Demikian diungkapkan Ketua BMPS Sumsel, H Anwar Malik, saat melakukan pertemuan dengan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, di kantor Gubernur, Rabu (8/4). BMPS Sumsel membina sekitar 2.000 sekolah swasta dan 560 yayasan, yang terdiri dari sekolah-sekolah pendidikan swasta mulai dari taman kanak-kanak, SD, SMP, SMA, SMK, Aliyah, Madrasah dan lainnya di luar perguruan tinggi, tersebar di kabupaten/kota di Sumsel.
“Guru swasta itu menjadi tanggung jawab yayasan yang mempekerjakannya, seperti sekolah negeri yang bertanggung jawab terhadap honorer mereka, khususnya mengenai kesejahteraan,” kata dia.
Menurut Anwar, BPMS Pusat sedang memperjuangkan insentif untuk kesejahteraan guru honorer swasta, seperti layaknya guru honorer negeri yaitu Rp250 ribu/bulan dari APBN, jika itu berhasil para guru honorer akan mendapatkan tambahan kesejahteraan di luar apa yang diterima dari yayasan.
Hingga kini, perjuangan tersebut sudah dibicarakan di tingkat kementrian, namun realisasinya harus menunggu keputusan pemerintah pusat, karena masih ada keterbatasan anggaran Negara. “Kita tetap berjuang agar guru honor swasta ini lebih sejahtera, disamping mendapatkan dari yayasan, ada juga insentif dari pemerintah,” katanya.
Namun, guru honor swasta sekarang sudah diberikan peluang untuk sertifikasi, dari sana mereka juga mendapatkan tambahan, meski persentasenya masih kecil. Ia juga mengatakan guru honorer swasta berpeluang menjadi PNS, namun tetap melalui tes secara umum.
Selain itu, mengenai kedatangan pihaknya menghadap Gubernur, untuk memberikan piagam penghargaan Ing Ngarso Sung Tulodo kepada Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, karena dinilai perhatian, peduli terhadap pembinaan sekolah swasta, BPMS dan dunia pendidikan dengan program sekolah gratis khususnya di Sumsel. “Penghargaan itu diberikan pada pelaksanaan HUT BMPS di Batam beberapa waktu lalu, dan hari ini (kemarin-red) kita sampaikan langsung kepada Gubernur,” jelas dia.
Pada kesempatan kemarin, pihaknya juga menyampaikan persiapan kegiatan Munas BMPS ke X di Palembang pada tahun 2011, yang diperkirakan diadakan sesudah Sea Games 2011 atau antara akhir November hingga awal Desember 2011 mendatang. “Munas akan berlangsung selama lima hari nanti, dengan sekitar 1,400 peserta dari berbagai daerah yang ada di Indonesia,” terang dia.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s