562 Desa Dibantu PNPM Mandiri

Posted: 12/04/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Pada 2010 sekitar 562 desa di Sumsel, dibantu dana pemberdayaan desa, melalui program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan. Salah satu syarat Desa yang dibantu 25 persen masyarakatnya miskin.
Demikian Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya (PU CK), Ir Rizal Abdullah, MT Sabtu (10/4). Ia mengatakan, pada 2009 desa yang dibantu PNPM Pedesaan sekitar 567 desa, pada 2010 sekitar 562 desa, baik PIP (Pembangunan Infrastruktur Permukiman), atau RIS (Rural Infrastructure Support). “Program pedesaan ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat, dalam rangka mengentaskan kemiskinan baik di bidang infrastruktur dan lainnya,” kata Rizal.
Bantuan yang dikucurkan untuk PNPM Pedesaan ini dari Bank Asia dan APBN, dana tersebut langsung disalurkan ke desa di kabupaten-kabupaten, pihak Provinsi hanya sebatas melakukan pembimbingan. “PNPM Pedesaan ini untuk membuat suatu desa menjadi maju, mengakomodir apa yang mereka perlukan untuk desa mereka, apa yang mereka ingin bangun dan lainnya, Pemprov hanya mendampingi saja,” katanya.
Sementara itu, Kabid Tata Ruang PU CK, sekaligus Satker PNPM Mandiri Pedesaan, Ishak menambahkan, dalam program ini, masyarakat berperan mulai dari pengusulan, pemrograman, pelaksanaan kegiatan dan pemeliharan hasil kegiatan. “Sejauh ini, pembangunan yang banyak diusulkan dan dilaksanakan masyarakat, antara lain pembangunan jembatan, jalan setapak, air bersih sumur, MCK dan lainnya,” jelas dia.
Menurut Ishak, pada 2010 jumlah desa untuk PNPM RIS 497 desa dan PPIP 65 desa total 562 desa, dengan dana Rp250 juta per desa. Desa yang paling banyak dibantu ialah di Muara Enim menyusul OKUT dan lainnya. Salah satu syarat desa itu dapat dibantu itu 25 persen ke atas penduduknya adalah miskin, dan untuk mengakomodir seluruh aspirasi, yang terlibat dalam kegiatan tersebut haruslah 40 persen gender dari kalangan ibu-ibu.
Ishak menerangkan, total fasilitator PNPM di Sumsel mencapai 389 orang, setiap lima orang mendampingi tujuh desa, lima fasilitator ini terdiri dari tenaga teknik sipil dua orang, pemberdayaan dua orang, manajemen satu orang. Fasilitator ini, bertugas membimbing masyarakat sampai selesai agar tidak ada penyimpangan. sjangan sampai menyimpang,
“Desa-desa itu ditetapkan oleh Menkokesra, berdasarkan usulan dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa di Kabupaten, karena mereka tahu desa mana yang membutuhkan pemberdayaan,” pungkasnya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s