Pengguna Jalan Keluhkan Kemacetan

Posted: 05/04/2010 in Uncategorized
Tags: , ,

InformasiPagi, Sumsel

Masyarakat pengguna jalan kembali mengeluhkan kemacetan yang terjadi di Palembang, seperti di atas Jembatan Ampera dan Jalan Ahmad Yani Plaju, kemacetan diakui sangat sering terjadi di dua lokasi jalan tersebut. Pemerintah diminta tanggap.
Pantauan Sabtu (3/4) siang di atas Jembatan Ampera, hampir semua kendaraan berjalan merayap, baik tujuan seberang ulu dan seberang ilir, kemacetan ini ternyata disebabkan ada dua mobil berhenti dan mogok di dua sisi jalan di atas Ampera. Tampak dua petugas kepolisian kewalahan mengendalikan arus lalulintas di atas Ampera.
Sumber kemacetan Ampera, juga disumbang lalulintas dari Jalan Ahmad Yani Plaju, tampak kemacetan lalulintas mencapai dua kilometer mulai dari simpang empat Jakabaring-Plaju hingga depan Lorong Banten Plaju. Ternyata sumber macet berasal dari mobil-mobil yang parkir di sepanjang Jalan Ahmad Yani, yang diketahui milik keluarga mahasiswa sebuah universitas yang sedang ada acara wisuda. Akhirnya kemacetan di Jalan Ahmad Yani pun tak terelakkan lagi.
Salah satu pengguna jalan, Adi (35) warga Lorong Banten Plaju mengatakan, kemacetan di Jalan Ahmad Yani sudah terjadi sejak pagi hari hingga sore hari, yang diakibatkan parkiran mobil disepanjang jalan karena ada acara wisuda universitas di Plaju. “Aktifitas pengguna jalan sangat terganggu, biasanya dari Lorong Banten ke simpang empat Jakabaring hanya sekitar 5-10 menit, akibat macet ini bisa mencapai setengah jam,” katanya.
Menurut Adi, kejadian macet di Jalan Ahmad Yani setiap hari terjadi, namun tidak semacet kemarin Sabtu, dan ia mengaku setiap ada acara wisuda lalulintas di Jalan Ahmad Yani selalu menjadi korban kemacetan dan dianggapnya musim macet tahunan. “Bayangkan saja, kalau ada 500 mahasiswa yang diwisuda paling tidak 200 mobil yang parker. Ini seharusnya, dijadikan pelajaran bagi pemilik universitas-universitas di Plaju, untuk dicarikan pemecahannya, janganlah menggunakan badan jalan untuk parkir kendaraan,” saran dia.
Senada, mahasiswa di salah satu universitas di Plaju, Mukhlis mengatakan, setiap ada wisuda Jalan Ahmad Yani kerap mengalami kemacetan panjang. “Hari ini be, dari arah Jakabaring, arah Kertapati, arah Jembatan Ampera jugo ikut macet dan padet nian,” ungkapnya. Ia berharap, pemerintah dapat mencarikan solusi terbaik untuk menanggulangi musim macet di Jalan Ahmad Yani, umumnya kemacetan di Palembang.
Masalah kemacetan ini juga diakui Kepala Dinas PU Bina Marga Sumsel, Heri Amalindo, menurutnya, kemacetan di Jembatan Ampera dan Jembatan Musi II sudah dinilainya fatal, oleh karena itu pemerintah akan membangun jembatan alternatif yaitu Jembatan Musi III dan Jembatan Musi 4, untuk mengurangi kemacetan dalam kota.
“Jangka panjang pemerintah akan mengembangkan wilayah Palembang di Pulau Kemaro dengan membangun JM IV, jangka pendeknya, untuk mengimbangi Jembatan Ampera yang trafficnya sudah padat akan dibangun musi III di kawasan eks Kantor Tata Kota Seberang Ilir dan kawasan Nagaswidak Seberang Ulu,” katanya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s