Komisi X Akan Desak Hak Paten Songket

Posted: 03/04/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Jika Pemprov Sumsel berniat mematenkan kerajinan kain Songket, Komisi X DPR RI yang membidangi Pendidikan, Pemuda, Olahraga, Kesenian dan Pariwisata, siap memfasilitasi dan mendesak pemerintah pusat menerbitkan hak paten Songket. Komisi X juga tengah memperjuangkan wisata musi dan Pagaralam sebagai kawasan wisata khusus.
Ketua Komisi X DPR RI, H Mahyudin NS SPog mengatakan, pematenan produk kerajinan Sumsel seperti kain Songket, agar tidak direbut Negara-negara lain, bisa dilakukan diperjuangkannya di pusat. Namun, jika ada keseriusan dari Pemerintah Provinsi melalui Dinas Budaya dan Pariwisata Sumsel itu sendiri, dengan mengusulkan hak paten Songket kepada DPR RI.
“Jika memang sudah diusulkan dari daerah, kita dari Komisi X akan berusaha mendesak Kementrian Budaya dan Pariwisata RI, untuk menerbitkan hak paten terhadap kerajinan asli Sumsel seperti Songket, atau Jumputan dan lainnya,” tegasnya.
Selain itu, ia yang berasal dari Sumsel, kini tengah memperjuangkan pariwisata di Sumsel. “Untuk, Sumsel kita sudah rencanakan membangun wisata musi yaitu dengan melakukan penataan Sungai Musi,” katanya.
Selain wisata musi, pihaknya juga sudah memperjuangkan perubahan undang-undang cagar budaya, dengan memasukkan Kota Pagaralam sebagai benda cagar budaya megalit. Setelah masuk undang-undang, Pagaralam akan dijadikan wisata kawasan khusus. “Undang-undangnya ini sedang kita perjuangkan, karena sudah dipaparkan ke Komisi X, mudah-mudahan Pagaralam bisa masuk,” katanya.
Untuk sementara kata Mahyudin, ia akan memperjuangkan dua item tersebut, setelah itu baru melakukan hal lain untuk Sumsel. “Yang lainnya belum, kita saat ini akan fokus dulu memperjuangkan wisata air di Sungai Musi, dan Pagaralam sebagai wisata kawasan khusus,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Disbudpar Sumsel, H Jhonson menjelaskan, di Sumsel ada beberapa daerah yang dapat dijadikan objek wisata seperti Kota Pagaralam sebagai daerah cagar budaya megalit, atau Kota Palembang dengan wisata musinya serta objek wisata olahraga di kawasan Jakabaring.
Selain itu, beberapa daerah lain yang berpotensi dijadikan daerah tujuan wisata di Sumsel seperti OKU, Muara Enim, dan lainnya. Pihaknya secara bertahap, akan melakukan pengoptimalan objek wisata yang ada di Sumsel.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s