India Minati Investasi TAA

Posted: 03/04/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

Siap Tanam Investasi Rp15 Triliun
InformasiPagi, Sumsel

Peminat pembangunan proyek rel kereta api (KA) ke Tanjung Api-api (TAA), dan juga pelabuhan TAA cukup banyak, namun hanya investor yang menguntungkan daerah akan dipilih. Kemarin, investor asal Negara India menyatakan keseriusan membangun rel KA dari Tanjung Enim ke TAA.
Demikian terungkap dalam pertemuan antara investor India dengan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin di Ruang Rapat Gubernur kemarin Rabu (31/3). Usai pemaparan proyek, Pimpinan dan Direktur Manager Perusahaan Darshanan Oil and Enough, dan PT Alliance Steel and Power, Ram Saraogi mengatakan, pihaknya dari Dubai India berminat menanamkan investasi pembangunan rel KA dari Tanjung Enim-TAA bekerjasama empat perusahaan dari Indonesia.
Ia menjelaskan, nilai investasi akan ditanamkan sekitar Rp15 Triliun, dengan kapasitas angkut batubara direncanakan mencapai lima juta ton per bulan. “Tanggapan Gubernur cukup bagus, dan sangat kooperatif, dan kita juga siap membuat pelabuhan di Tanjung Api-api,” katanya.
Menurut Ram, kemarin merupakan pertemuan pertama dengan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, dan ia berharap respon Gubernur akan baik, sehingga ada pertemuan lebih lanjut, agar proyek ini dapat terealisasi lebih cepat. “Kita akan menunggu tanggapan Gubernur, kalau dipercayakan bisa langsung jalan,” jelas dia.
Mengenai feasibility study (FS), belum dilakukan pihaknya, namun FS tersebut dapat menyusul karena mereka memiliki tim teknis yang dapat membuat FS secepatnya. “FS itu bisa selesai sekitar tiga bulan, jika sudah presentasi terakhir dan mendapatkan pengarahan dari Gubernur Sumsel, kita akan langsung jalankan kontruksi, untuk pengerjaan rel kereta api itu sendiri tidak sampai empat tahun,” kata dia.
Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika, Ir H Sarimuda MT mengatakan, investor dari India tersebut baru melakukan paparan umum, dan pada prinsipnya Gubernur akan membahasnya terlebih dulu, setelah itu baru akan dilanjutkan dengan paparan teknis. “Panjang rel kereta api dari Tanjung Enim ke Tanjung Api-api itu sekitar 240 kilometer,” katanya.
Dijelaskan Sarimuda, investor terpilih untuk membangun rel kereta api ke TAA, akan bekerjasama dengan BUMD dalam hal ini PT Bukit Asam. “Investor dari India ini baru memaparkan keseriusan saja, Gubernur memang menyambut baik semua keinginan investor, namun masih ada paparan teknis untuk menentukan siapa yang berhak membangun proyek ini.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s