Warga Pantai Timur OKI, Minta Pemekaran

Posted: 31/03/2010 in Uncategorized
Tags: , ,

InformasiPagi, Sumsel
Karena Kabupaten OKI yang terlalu luas, membuat kontrol pemerintahan dan pelayanan masyarakat tidak maksimal, dengan banyak potensi dimiliki, warga Pantai Timur Kabupaten OKI yang tergabung dalam Presidium Pemekaran Kawasan Timur (PPKT) meminta dukungan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, untuk memekarkan OKI, membuat Kabupaten Pantai Timur.
Demikian terungkap dalam pertemuan antara PPKT dengan Gubernur Sumsel, di Kantor Gubernur, Selasa (30/3). Hadir menghadap Gubernur, pihak PPKT, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat dan masyarakat.
Usai melakukan pertemuan, Sekjen Presidium PPKT, Anjar Etikana, mengatakan, pihaknya melaporkan kepada Gubernur Sumsel, tentang selesainya pengurusan berkas pemekaran kawasan timur kabupaten/OKI, dan telah memenuhi persyaratan yang ditentukan PP nomor 79 tahun 2007. Bupati dan DPRD OKI juga telah menyetujui usulan pemekaran tersebut. “Pemekaran itu, tepatnya di kawasan timur Kabupaten OKI, dengan empat kecamatan seperti Kecamatan Tulung Selapan, Pangkalan Lampam, Air Sugihan, Sungai Menang dan Cengal,” katanya.
Dijelaskan Anjar, wacana pemekaran sudah mulai diperjuangkan pada tahun 2000 akhir, alasan kuat kawasan timur OKI dimekarkan, karena Kabupaten OKI sangat luas arealnya, sehingga kontrol jalannya pemerintahan dari tingkat pelayanan kepada masyarakat di daerah pesisir, belum terlalu menyentuh. “Untuk transportasi saja, kendaraan air menjadi kendaraan pokok,” jelasnya.
Menurutnya, potensi wilayah yang dimekarkan sangat banyak, secara kasat mata lahan kawasan timur mencakup lima kecamatan tersebut memiliki luas sekitar 13.000 kilometer bujur sangkar. Selain itu, ada banyak perusahaan berada di sana, seperti PT Sinar Mas Group, PT Wahyuni Mandira, PT Lonsum dan lainnya. “Luas wilayah lima kecamatan ini sama dengan luas satu setengah Provinsi Banten, untuk ibukota kabupaten kita sudah sepakati berada di Tulung Selapan, nama kabupatennya Pantai Timur,” terang dia.
Sementara itu, Ketua PPKT Guntur Melian didampingi Safri HN menambahkan, kawasan Pantai Timur memiliki potensi yang sangat banyak seperti perkebunan karet dan sawit, tambak udang, walet, perikanan dan peternakan, bahkan ada tempat wisata yaitu Pulau Kaspari di Tulung Selapan.
Sedangkan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menyambut baik dan menyatakan setuju pemekaran kawasan Pantai Timur, karena memang sudah dilakukan penelitian dan pengkajian secara ilmiah oleh pihak STPDN dan Balitbang Depdagari. “Tapi masih harus dilakukan study dulu, kalau memang cocok akan kita tindak lanjuti setelah ada moratorium dari pemerintah pusat,” kata Alex.
Gubernur menilai wajar jika pemekaran dilakukan, selain potensi yang berlimpah, pembangunan kawasan dan peningkatan infrastruktur juga perlu dilakukan di OKI, karena didapatkan informasi, jika masyarakat pantai timur ingin mengurus KTP ke Kayu Agung mau tidak mau harus mengeluarkan biaya mencapai Rp 1,5 juta lebih.
Menanggapi maraknya pemekaran wilayah, Alex berpendapat, pemekaran daerah dilakukan karena beberapa factor, seperti ada yang ingin menjadi bupati baru, ada kepentingan partai politik, ada birokrasi, dan ada yang mensponsori atau mendukung.

Dewan Wacanakan Pemekaran Kota Palembang

Terpisah, di Gedung DPRD Sumsel, berhembus suara anggota Dewan menyatakan dukungan pemekaran Kota Palembang Seberang Ulu dan Kota Palembang Ilir. Bahkan tidak hanya itu, pemekaran kabupaten Musi Banyuasin dan Banyuasin dinilai masih memungkinkan. Mengigat luas wilayah kedua Kabupaten tersebut melebihi luas beberapa Provinsi di Indonesia.
Hal ini disampaikan anggota komisi I, Misliha, ketika menyampaikan persetujuan fraksi partai Demokrat saat Paripurna X. Menurutnya, Kota Palembang cukup layak memenuhi persyaratan pemekaran wilayah sebagaimana diatur dalam PP No. 129 tahun 2000 dan PP No. 78 tahun 2007, menimbang dari kemampuan daerah, potensi daerah, dan fasilitas daerah seperti sekolah, perguruan tinggi, puskesmas, rumah sakit, apotik, perbankan, transportasi. “Jadi, pemekeran wilayah memungkinkan dilakukan di Kota Palembang,” katanya.
Hal senada disampaikan anggota DPD RI Percha Leanpuri, diwawancara usai kegiatan reses di BPN Provinsi Sumsel Senin (29/3). Sebagai anggota Komite I dirinya mendukung aspirasi masyarakat, seperti pemekaran kabupaten Ogan Komering Ilir menjadi Kabupaten Pantai Timur. “Dengan adanya pemekaran pelayanan publik akan semakin baik,” katanya.
Sedangkan, pendapat berbeda disampaikan Pengamat Politik Tarech Rasyid, menurutnya pemekaran harus lahir dari aspirasi masyarakat. Bukan berdasarkan keinginan dari elit politik. “Kajian memang harus dilakukan kepada masyarakat yang mengalami pemekaran, supaya tidak ada pengeseran dalam tujuan pemekaran,” katanya.
Kembali ditegaskannya, jika pemekaran ini lahir dari politisi maka kekuasaan menjadi tujuan dari pemekaran wilayah. Berbeda halnya jika tuntutan pemekaran wilayah berasal dari publik, pelayanan publik akan menjadi tujuan pemekaran wilayah tersebut.
Lebih lanjut dijelaskannya, dilihat dari luas wilayah, seperti Kota Palembang dan OKI memang wajar jika mengalami pemekaran akan tetapi faktor luas wilayah saja tidak cukup untuk dijadikan alasan pemekaran wilayah. “Saya menduga keingginan pemekaran wilayah tidak lepas dari unsur politisi,” katanya. agustian pratama

Comments
  1. indah says:

    ayo kita dukung pemekaran wilayah sumsel, karena wilayah sumsel sangat luas, jangan kalah dengan daerah lain, yang pembangunan sangat merata, wilayah sumsel yang layak di mekarkan, antara lain, daerah pematang panggang (OKI), Tulung selapan (Oki), Gelumbang (Muaraenim), Sungai Lilin (Muba), Banyung lincir (Muba) begitu juga Betung (Banyuasin) dan tentunya Talang Ubi/pali (Muaraenim), Muara Rupit/Mura utara(Mura) dan kikim (Lahat) serta kemungkinan kedepannya kota enim Raya/gabungan Muaraenim KOta dan tanjung Enim (Kab Muaraenim) serta Kota Baturaja (Oku) dan kabupaten Komring Tengah (Belitang dsk). Bravo Pemekaran Sumsel, ayo dukung pemerataan Sumsel.

  2. tyo says:

    Untuk kabupaten OKI jangan hanya pantai timur yang dimekarkan… Kec. Mesuji, Mesuji Raya, Mesuji Makmur, Lempuing dan Lempuing Jaya juga harus dimekarkan. kita Dukung Pemekaran di OKI. Bukan hanya Pantai Timur saja Tapi Mesuji Lempuing lebih layak untuk dimekarkan.

  3. Azwari says:

    Bisa juga pembentukan Kabupaten Semende dengan wilayah gabungan dari Semende Darat dan Semende lembak. Kabupaten Ogan Ulu Ibukota Lubuk Batang, dukung juga pembentukan Kota atau Kabupaten Tanjung Raja OI.

  4. muhmin says:

    untuk masyarakat tulung selapan mari kita bersama-sama berdoa agar pemekaran kawasan pantai timur berjalan dgn baik,,,,,,dan di sah kan secepat mungkin,,,,oleh pemerintahan pusat,,,,,demi tercapai nya kemakmuran masyarakat pantai timur,,,,,amin,,,,,,!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s