Gaet Wisatawan Melalui Pasar Malam di Belanda

Posted: 31/03/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Keikutsertaan Sumsel pada pasar malam di Den Hag Belanda yang dilaksanakan 1-5 April mendatang, dijadikan kesempatan Sumsel untuk memperkenalkan potensi trade/perdagangan, tourism/pariwisata dan investasi di Sumsel. Pemprov optimis dapat menggaet wisatawan Belanda ke Sumsel.
Demikian dikatakan Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Sumsel, Jonson melalui Kabid Promosi, Aufa Syarizal, Senin (29/3), mengatakan, Sumsel terlibat dalam pasar malam di Denhag Belanda 1-5 April mendatang, pada kesempatan itu Pemprov Sumsel akan menampilkan bidang kesenian, penanaman modal, serta perindustrian, perdagangan dan lainnya.
“Pada forum bisnis kita akan mengadakan semacam paparan dan presentasi kepada CEO, dan beberapa pimpinan perusahaan di Belanda, tentang seluruh potensi Sumsel. Paparan akan dilakukan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin langsung, atau yang mewakili dari BPMD atau lainnya,” jelas Aufa.
Selain paparan di forum bisnis, Pemprov Sumsel juga mengikuti kegiatan pameran, yang akan memamerkan potensi industri, baik tekstil, potensi perkebunan, hasil tanaman pangan dan lainnya yang dimiliki di Sumsel.
“Di Bidang Pariwisata, kita ingin mengenalkan budaya Sumsel di Belanda, karena Belanda pernah menjajah kita, akan timbul kerinduan mereka melihat budaya kita, dengan kerinduan ini mereka akan datang ke Sumsel membawa keluarga, yang secara otomatis disebut wisatawan,” katanya.
Menurutnya, setelah duta besar Belanda berkunjung ke Sumsel beberapa waktu lalu, pihak Belanda tertarik dengan budaya Sumsel sehingga, pada pembukaan acara di Pasar Malam Denhag, Sumsel menjadi host-nya. “Mereka meminta kesenian Sumsel tampil pada pembukaan acara perdana, itu pretasi kita dan patut dibanggakan, akhirnya kan mereka akan kenal Sumsel bukan Bali saja,” katanya optimis.
Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumsel, Eppy Mirza menambahkan, pihaknya optimis Sumsel dapat menggaet pangsa pasar Belanda untuk komoditi, investasi, juga promosi pariwisata Sumsel di Denhag Belanda. “Pasar malam itu peluang yang sangat menjanjikan,” kata Eppy.
Menurutnya, di bidang kesenian akan ditampilkan tari-tarian, handicraft/kerajinan tangan, kuliner dan lainnya, di bidang penanaman modal akan dipromosikan serta dipaparkan peluang investasi pertambangan, pengolahan, serta invetasi wisata ekosistem. Di bidang perindustrian dan perdagangan, Sumsel akan mempromosikan komoditi unggulan seperti crumb rubber, CPO, kopi, teh, kayu olahan, perikanan dan lainnya.
Eppy juga sangat optimis, kegiatan ini akan meningkatkan jumlah ekspor komoditi Sumsel ke Belanda, karena 1,7 juta penduduk Belanda memiliki hubungan emosional dengan Indonesia. “Mereka pun mengaku ingin bernostalgia dengan produk khas Indonesia, dan siap melakukan kerjasama dengan Indonesia, untuk Sumsel sendiri saya optimis akan menaikkan angka ekspor komoditi setelah pasar malam ini,” katanya. agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s