Dukung Sea Games, Dirikan Media broadcast

Posted: 31/03/2010 in Uncategorized
Tags: , ,

InformasiPagi, Sumsel

Provinsi Sumsel khususnya Kota Palembang, dipastikan menjadi tuan rumah ajang even olahraga internasional Sea Games ke 26 pada 11 November 2011 mendatang. Berbagai pihak telah melakukan persiapan menyambutnya, termasuk Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel, mulai menyiapkan berbagai fasilitas seperti Media broadcast, media center dan lainnya.
Ditemui disela kesibukan di ruang kantornya Jumat (26/3), Kadishub Kominfo Sumsel, Ir H Sarimuda MT, menjelaskan, Sumsel dipercaya melaksanakan kegiatan Sea Games pada 2011 mendatang, dan Dishub Kominfo Sumsel bertugas mempublikasikannya, agar gaung Sea Games 2011 terdengar di masyarakat luas khususnya di Sumsel.
“Gubernur Sumsel, meminta kita memromosikan Sea Games sampai ke dunia internasional, sehingga kita melakukan publikasi melalui media massa, seperti media cetak, media elektronik, leaflet, booklet dan lainnya. Publikasi juga dilakukan melalui baliho yang diletakkan di Cengkareng, dipilihnya Cengkareng karena merupakan pintu masuk ke Indonesia,” jelas dia.
Menurut Sarimuda, keseriusan Pemprov Sumsel melalui Dishub Kominfo Sumsel untuk mensukseskan kegiatan tersebut, salah satunya membuat media broadcast (media penyiaran) baik untuk televisi dan radio.
Artinya, Sumsel akan memiliki lisensi siaran televisi dan radio daerah, karena pada Sea Games nanti, ada beberapa kegiatan tidak dapat diliput media massa. Sehingga media broadcast-lah berperan memberikan informasi bagi setiap media dari manapun baik Sumsel, Nasional dan Internasional.
“Salah satu fungsi media broadcast itu, sebagai penyalur dan pusat berita-berita, kita nanti akan shooting semua kegiatan, lalu akan memberikannya ke televisi atau radio yang membutuhkan, karena kita siapkan kameramen dan fotografer khusus. Fasilitas-fasilitas ini adalah dukungan dari Pemprov Sumsel melalui Dishub Kominfo untuk Sea Games nanti,” katanya.
Stasiun Media broadcast tersebut sambung Sarimuda ditempatkan di eks media center kegiatan PON 16 beberapa waktu lalu di Jakabaring. Pihaknya kini tengah melakukan persiapan demi terwujudnya media broadcast tersebut.
Bahkan, pasca Sea Games, media broadcast dapat digunakan untuk kegiatan informasi serta publikasi guna mendukung kebijakan Pemprov Sumsel. “Rencananya pada ABT nanti, kita akan menganggarkan pembangunan media broadcast ini, sehingga pada Juni 2011 sudah bisa dioperasionalkan,” jelas Sarimuda.
Selain media broadcast, untuk mendukung Sea Games pihaknya juga telah menyiapkan media center di Jakabaring yang dilengkapi berbagai fasilitas seperti hotspot dan lainnya, untuk para jurnalis serta reporter media massa, bahkan telah digunakan pada kegiatan Asian Football Confederation (AFC) beberapa waktu lalu.
Disamping itu, Sarimuda menerangkan, Dishub Kominfo Sumsel telah di SK-kan Gubernur Sumsel, sebagai pejabat pengelola informasi Pemprov Sumsel, guna menyukseskan Sumsel provinsi bintang, yaitu salah satu provinsi terbaik dari tujuh provinsi terbaik di Indonesia, dari segi tujuan wisata, tujuan investasi, pelaksanaan APBD yang baik, sarana prasarana infrastruktur yang baik termasuk information technology (IT) dan lainnya.
“Banyak yang kita lakukan sebagai pejabat pengelola informasi publik ini, antara lain pengembangan e-government yaitu sistem pemerintahan menggunakan IT, mulai dari video konferensi ke kabupaten/kota, sistem administrasi menggunakan jaringan, internet dan lainnya, sehingga full teknologi akan dijalankan dalam pemerintahan,” jelasnya optimis.
Dalam mewujudkan e-gov tersebut, Dishub Kominfo telah memulainya dengan membuat situs http://www.sumselprov.go.id dimana semua informasi mengenai Pemerintah Provinsi Sumsel tersedia dalam situs tersebut. Bahkan, beberapa bulan lagi, Dishub Kominfo akan melaunching media center untuk masyarakat umum, yang akan beroperasi 24 jam, dengan fasilitas full internet, full pendingin udara, hot spot dan lainnya.
“Dengan adanya media center di Dishub Kominfo tersebut, seluruh informasi yang diinginkan masyarakat dan kawan-kawan media dapat diakses, itu bentuk dukungan keseriusan dari Dishub Kominfo agar e-gov di Sumsel ini berjalan,” katanya. agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s