Pembangunan Kilang Elpiji Tunggu Izin

Posted: 26/03/2010 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Karena pemerintah khususnya Pemprov Sumsel dinilai berhasil melakukan konversi karosin (minyak tanah) ke elpiji, ditambah pasar elpiji semakin besar. PT EI II Petrogas, berencana membangun kilang gas elpiji di Sumsel, yang pipanya melintasi beberapa kabupaten/kota di Sumsel. Namun realisasi kilang elpiji tersebut, masih menunggu izin dari beberapa daerah tersebut.
Vice Presiden PT EI II Petrogas, Yosef Marlono, mengatakan, pihaknya berencana membangun kilang elpiji dengan kapasitas produksi elpijinya 550 ton/hari berlokasi di Prabumulih, dan juga pembangunan pipa yang melintasi beberapa kabupaten/kota, seperti Kota Prabumulih, Palembang, Ogan Ilir, Muara Enim, Ogan Komering Ilir, Banyuasin sepanjang sekitar 90 km.
“Pasarnya ini domestik, kita melihat kebutuhan elpiji dalam negeri kian meningkat, dan kita juga melihat pemerintah sudah berhasil melakukan konversi mitan ke gas. Dengan ini, kita juga ingin mendukung program pemerintah baik di pusat dan di daerah,” jelasnya, usai melakukan paparan dan rapat rencana pembangunan kilang elpiji dan pembangunan pipa di daerah kabupaten/kota ole PT EI II Petrogas, kepada Pemprov Sumsel dan Pemda Kabuapten/kota, kemarin Kamis (25/3) di Ruang Rapat Bina Praja Sumsel.
Yosef menjelaskan, berdasarkan rencana pembangunan kilang elpiji tersebut dijadwalkan 2010 ini, tepatnya setelah izin prinsip dari pemerindah daerah dan studi amdal terselesaikan. Namun ia membantah, jika pembangunan kilang dan pipa terkendala izin.
“Sebenarnya, tidak ada yang menghambat, hanya perlu dilakukan diskusi lebih banyak lagi dengan pemerintah daerah, kita perlu adanya komunikasi yang baik dengan teman-teman di daerah yang daerahnya dilewati pembangunan kilang ini, seperti melakukan pertemuan hari ini (kemarin-red)” kata Yosef.
Dalam hal ini, pihaknya kata Yosef, tidak akan membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG), dalam distribusi atau penyalurannya, melainkan akan menyalurkan gas elpiji ke kilang Pertamina, lalu pihak Pertamina akan menyalurkannya ke SPBG.
Saat rapat kemarin, beberapa perwakilan Kabupaten/Kota menyampaikan saran, pendapat serta kritik kepada Petrogas, terhadap rencana pembangunan proyek kilang elpiji tersebut. Salah satu peserta rapat dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumsel, menyampaikan, pihaknya belum memberikan rekomendasi tentang kajian dan keamanan lingkungan dari proyek Petrogas tersebut.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s