Master Plan Jakabaring Harus Segera Diperdakan

Posted: 26/03/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

– Mater plan jakabaring berantakan

InformasiPagi, Sumsel

Hingga kini master plan pembangunan kawasan Jakabaring masih belum diperdakan, sehingga telah terjadi banyak perubahan bagian master plan, perubahan tersebut dinilai akan berdampak jangka panjang salah satunya terhadap lingkungan. Pemprov Sumsel sendiri segera memperdakan master plan Jakabaring.
“Masterplan Jakabaring itu belum diperdakan, sehingga pembangunan di Jakabaring banyak merubah posisi beberapa bagian master plan, ini yang mengkhawatirkan saya,” kata Wakil Ketua Inkindo Sumsel, Ir Jaluddin Arief, disela acara Musyawarah Provinsi Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) Sumsel, di Hotel Novotel Kamis (25/3).
Dijelaskannya, beberapa perubahan master plan tersebut seperti bagian master plan di sekitar Danau Opi, disekitar danau belakang GOR Sriwijaya atau sekitar rencana lapangan golf dan lainnya. Akibat perubahan tersebut, sebagian kecil master plan di Jakabaring menjadi berantakan.
Ia menuturkan, akibat jangka panjang dari perubahan master plan tersebut, yaitu akan terganggunya sistem drainase, sistem transportasi dan lainnya, bahkan dikhawatirkan lagi, ancaman banjir tidak akan tekendali. “Padahal sebelumnya, faktor tersebut sudah diperhitungkan para konsultan, mulai dari akses transportasi, masalah lingkungan, teknis, ekonomis dan lainnya, semua sudah dipertimbangkan serta diperhitungkan,” jelas dia, didampingi beberapa pejabat Inkindo Sumsel lainnya, seperti Wakil Sekretaris Inkindo Sumsel, Darmansyah Ishak.
Jalaluddin berharap, DPRD dan pemerintah segera mengesahkan peraturan daerah master plan Jakabaring, jika tidak, dapat membahayakan lingkungan. “Akibatnya nanti kacau, master plan akan ngawur dan tidak tertata lagi,” katanya lagi.
Ia mengungkapkan, master plan Jakabaring sudah dibuat oleh konsultan dari Jakarta yaitu PT Atelier, sekitar dua tahun anggaran lalu, ia pun ikut terlibat dalam salah satu perencanaannya.
Namun, ternyata hingga kini belum diperdakan, sehingga master plan tersebut tidak mempunyai kekuatan hukum, pada akhirnya ketika masuk beberapa investor, yang hendak mengerjakan sebuah proyek seperti lapangan golf, bebas memilih lokasi yang diinginkan.
“Karena tidak ingin dengan lokasi seperti di master plan, investor tersebut minta digeser, begitu juga dengan keinginan investor lain membangun beberapa proyek di sana yang tidak mau mengikuti master plan. Itulah yang terjadi sekarang, konsultan master plan akan kecewa dengan situasi macam ini,” jelas dia.
Masih di Hotel Novotel, menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Sumsel, Ir Rizal Abdullah, MT menjelaskan, master plan yang berubah-ubah itu wajar karena memang belum diperdakan, namun bukan berarti berubah fungsi secara keseluruhan. “Kalau ada masalah teknis yang mengakibatkan pergeseran tempat, itu hal yang wajar menurut saya,” kata Rizal.
Disinggung tentang dampak perubahan master plan terhadap lingkungan, sistem drainase dan lainnya, Rizal menjelaskan, tidak akan ada perubahan signifikan, jika ada perubahan teknis master plan tersebut. Karena menurutnya, peruntukan seperti di master plan ada semua, seperti pembangunan rumah, kolam retensi dan lainnya masih ada. “Kalaupun ada dampaknya, saya dulu yang akan melarangnya, itu tidak boleh. Jadi, tidak masalah, perubahan ini juga tidak memerlukan kajian lebih lanjut, ” ujarnya.
Rizal membantah, jika ada investor meminta dengan memaksa untuk lokasi seperti yang diinginkan investor, perubahan itu terjadi misalnya, untuk perencanaan lapangan golf, saat akan dibangun ternyata ada perumahan di kawasan Tegal Binangun sehingga harus digeser.
Namun, Rizal memastikan, master plan Jakabaring akan segera diperdakan, pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait hal ini. “Amdalnya juga sudah ada, tepatnya dikeluarkan sebelum pembangunan GOR,” jelas dia.
Terakhir Rizal meminta, jika memang ada pihak yang meragukan hal ini, atau ingin memberikan masukan, pihaknya bersedia untuk memberi penjelasan juga diskusi.agustian pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s