Bulog Tarik 4.500 Ton Raskin Jelek

Posted: 24/03/2010 in Uncategorized
Tags: , , ,

InformasiPagi, Sumsel

Perum Bulog Divre Sumsel, akan memperbaiki / reproses sekitar 4.500 ton raskin berkualitas jelek yang ditemukan, setelah direproses baru akan disalurkan kembali ke masyarakat luas.
Usai bersilaturahmi dengan Gubernur Sumsel, Kepala Perum Bulog Divre Sumsel yang baru, Tommy S Sikado, kepada para wartawan di Kantor Gubernur Sumsel Selasa (23/3) mengatakan, sampai saat ini pengadaan beras yang sudah bulog serap untuk daerah Sumsel sekitar 2.000 ton, dari target prognosa 135 ribu.
“Jika dibandingkan tahun lalu memang relatif kecil karena ada berapa faktor, pertama realisasi panen yang mundur, kedua kondisi cuaca yang tidak begitu bagus seperti curah hujan tinggi dan beberapa daerah mengalami banjir sehingga memengaruhi serapan produksi hasil panen,” jelasnya.
Pihaknya berharap cuaca dapat mendukung sehingga puncak panen akan dimulai pada April, Mei dan Juni, dengan begitu bulog akan maksimal melakukan serapan hasil produksi, dan mencapai target diakhir tahun. “Kalau memang terus begini, kita akan lakukan langkah-langkah tertentu bekerjasama beberapa mitra yang memiliki peralatan dryer untuk mengeringkan gabah tanpa perlu menggunakan matahari,” katanya.
Namun, untuk memenuhi target akhir tahun, pihaknya belum memikirkan untuk melakukan impor beras, dan tetap akan berupaya menyerap hasil produksi beras di Sumsel.
Mengenai penyaluran raskin, Tommy menjelaskan, raskin yang sudah tersalur saat ini sampai dengan Maret hampir 55 persen dari pagu yang ada 25 ribu ton untuk tiga bulan. Pihaknya menargetkan penyaluran akan berjalan normal dan selesai pada pertengahan April. “Kalau raskin yang sudah dikembalikan lagi ke bulog karena kualitas yang jelek, dan perlu dilakukan perbaikan kualitas/reproses jumlahnya sebanyak 4.500 ton, bulog segera melakukan perbaikan kualitas beras dengan reproses sehingga saat disalurkan nanti memang sudah layak salur, itu yang kami akan lakukan,” terang dia.
Melihat kondisi di lapangan banyaknya temuan raskin kualitas jelek, pihaknya juga akan melakukan evaluasi terhadap mitra bulog, jika sudah baik akan dilanjutkan, jika ada yang kurang akan dibenahi. Untuk pengadaan raskin ke depan, pihaknya akan mengacu kepada ketentuan yang ada, seperti pembelian yang harus sesuai inpres serta persyaratan kualitas beras yang jelas. Pihaknya juga akan lebih ketat melakukan pengawasan, untuk menghindari kejadian beredarnya raskin berkualitas jelek di kemudian hari.
Ditanya mengenai berapa jumlah mitra bulog yang akan diputuskan kontrak akibat memasok raskin jelek, pihaknya belum dapat berkomentar karena dalam waktu dekat baru akan dilakukan evaluasi. “Karena saya baru seminggu menjabat, saya akan mengumpulkan data sebaik mungkin dulu, sebelum mengambil keputusan, termasuk mengevaluasi mitra kerja yang ada untuk perbaikan ke depan,” ujarnya.
Tommy juga membantah, jika pergantian Kepala Perum Bulog Divre Sumsel, karena adanya temuan raskin kualitas jelek beberapa waktu lalu, namun menurutnya digantinya pejabat lama Teddy Mulwadi, karena sudah memasuki masa pensiun sehingga dilakukan pergantian.
Mengenai pertemuannya dengan Gubernur, Tommy mengatakan, ia hanya meminta dukungan kepada pemerintah daerah, karena bulog juga berperan penting dan strategis terhadap Sumsel sebagai lumbung pangan. “Gubernur memberi respon positif terhadap kami untuk melaksanakan tugas,” katanya.agustian pratama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s